Fitur Baru Gboard Mudahkan Mengetik Satu Tangan

pada 6 tahun lalu - by

Google kembali menghadirkan fitur baru diGboard. Google menghadirkanFloating Keyboardyang membuat pengguna semakin nyaman dalam melakukanmultitasking. atau mengetik satu tangan.

Google menambahkan fiturFloating Keyboard keGboard versi 7.6dan mulai live pada 19 Oktober 2018. Pengguna bisa menemukan fitur baru dengan tapping ikon Gboard Google danoverflowmenu.

Pengguna bisa mengaktifkan dan menonaktifkan floating keyboard. Namun, jika sering menggunakan floating keyboard, sebaiknya tambahkan kemampuan tersebut ke bar akses mudahGboard.

Setelah floating keyboard diaktifkan, pengguna bisa menyeretnya di sekitar layar dan mengubah ukuran sesuai keinginan.  Untuk keluar dari mode, bisa dilakukan hampir sama seperti saat mengaktifkannya.

Floating keyboard sangat berguna untuk multitasking split-screen. Selain itu,Floating Keyboard juga mempermudah pengguna dalam mengetik one-handed. Sebab, ukuran keyboard bisa menjadi lebih kecil.

Menurut laporan Engadget, Selasa (23/10), Gboard bukan satu-satunya keyboard yang mengimplemetasikan fitur floating keyboard. Sebelum Gboard, ada SwiftKey yang mengimplementasikan fitur serupa.

Sebelumnya, Google telah menambahkandukungan 16 bahasa baru ke Gboarduntuk perangkat berbasis iOS dan Android. Dalam pembaruan tersebut, Gboard akan mendapat tambahan 16 bahasa baru.

Bahasa baru yang bakal terdapat di Gboard adalah Arab, Buryat (Mongolia), Buryat (Rusia), Cornish, Gondi (Dewanagari), Greek (Siprus), serta Hakka, Hausa (Ghana). Ada pula Khorasani Turki, Lower Sorbian, Mandeali, Mundari (Bengali), Portuguese (Makau), Shekhawati, Siberian Tatar, dan Talysh (Rusia). [BA/HBS]

Sumber: Engadget

ArtikelFitur Baru Gboard Mudahkan Mengetik Satu Tangan  dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.