Fitur-fitur Baru di One UI 6: dari Lock Screen Sampai Auto Blocker

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id -Update ke One UI 6 telah disebar ke banyak perangkat oleh Samsung. One UI 6 dengan basis Android 14 menyuguhkan banyak fitur baru, gak cumauser interface(UI) saja yang berbeda dari sebelumnya.

Ya, One UI 6 menampilkan font baru dengan label ikon yang lebih sederhana. Samsung menyederhanakan penamaan beberapa aplikasi bawaan, seperti ‘Galaxy Store’ yang kini berubah menjadi ‘Store’ saja.

UI-nya juga terasa lebihclean, dengan beberapa fungsi utama yang kian lebih mudah diakses via Quick Panel atau bar notifikasi.

Berikut ini, timUzone.idtelah merangkum rangkaian fitur baru yang dihadirkan pada One UI 6 berbasis Android 14. Fitur-fitur ini mencakup personalisasi tampilan pada Homescreen dan Lockscreen, Widget, hingga ke aplikasi kamera.

Kustomisasi lock screen lebih leluasa

Foto: Tom's Guide

Mulai dari lock screen atau layar kunci. Kalau sebelumnya, pengguna cuma bisa gonta-ganti wallpaper, jenis dan warna dari informasi waktu, hingga mengatur notifikasi yang tampil, sekarang personalisasinya lebih luas lagi.

Pengguna gak sebatas bisa menyesuaikan ukuran widget jam saja, tapi dapat mengatur tata letaknya juga. Di One UI 5.1, letak jam sudah disesuaikan berdasarkan temanya, bisa di tengah, atau kiri dan kanan.

Lock Screen pada One UI 6 juga dapat disesuaikan tergantung kegiatan pengguna. Misal, tampilan layar kunci akan berbeda ketika pengguna sedang mengemudi, bekerja, berolahraga, dan aktivitas lainnya.

Tampilan yang berbeda bukan cuma wallpaper saja, tapi informasi notifikasi sampai gaya jam juga dapat disesuaikan melalui fitur bernama Modes.

Desain Quick Panel dan notifikasi berubah

Foto: Android Authority

Masuk ke halaman utama, kalian langsung disuguhi tampilan Quick Panel yang berubah drastis. Layout Quick Panel memungkinkan pengguna dapat mengakses kontrol atau fungsi penting, seperti intensitas cahaya layar, WiFI, Bluetooth, dan sebagainya, serta menyembunyikan fitur yang jarang digunakan.

Foto: Android Authority

Tampilan notifikasi juga berubah. Di One UI 6, notifikasi lebih mudah dibaca sekilas oleh pengguna, lantaran dapat diatur agar muncul berdasarkan urutan kronologis atau prioritas. Semuanya bisa diset melalui pengaturan notifikasi di Settings.

Widget turut diperbarui

Widget Weather diperbarui pada One UI 6. Pengguna dapat mengakses widget Weather yang baru untuk menampilkan prakiraan cuaca dan data tambahan, bukan cuma kondisi cuaca dan suhu saat ini saja.

Ada lebih banyak informasi yang tersedia.Plus, one UI 6 menyediakan peta yang dapat dijelajhi pengguna untuk memeriksa kondisi cuaca di area sekitar.

Perlu motret momen dengan cepat? Kini ada widget kamera yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan mode tertentu, seperti foto, video, mode Pro, dan sebagainya, dan langsung disimpan pada galeri.

Desain ulang aplikasi kamera, fitur kian lengkap

Di One UI 6, Antarmuka aplikasi kamera dirancang ulang dengan mengubah tampilan beberapa ikon dan menambahkan tombol resolusi khusus, sehingga pengguna dapat menentukan keluaran gambar yang mereka potret.

Misalnya Samsung Galaxy S23 Ultra. Pengguna bisa mengatur resolusi foto dari 12 MO (default), 50 MP, atau 200 MP, semuanya bisa dilakukan di antarmuka kamera, tanpa harus mengatur aspek rasio atau pengaturan lainnya yang lebih ribet.

Beberapa fitur yang sudah ada di One UI 5.1 dimaksimalkan kembali pada One UI 6. Misal, mode untuk memindai dokumen. Sekarang, fiturdoc scanningdapat secara otomatis hanya mengekstrak teks pada dokumen yang dipindai, atau menyimpan semuanya sebagai gambar.

Kemudian, ada Quick Editing pada galeri yang memberikan saran kepada pengguna opsi edit yang pas dari gambar yang diambil, seperti mengatur ulang kontras warna, pencahayaan, dan sebagainya.

Pengguna pun kini lebih leluasa untuk mengatur posisi watermark, bisa muncul di atas atau bawah foto. 

Fitur lainnya, seperti desain ulang editor di Gallery, seperti ubahan ikon yang lebih besar, memberikantooltipskepada pengguna, dan sebagainya. Lalu, ada ada fitur Undo dan Redo, menggantikan Revert yang biasanya mengembalikan foto ke kondisi semua.

Fitur lainnya

Di One UI 6, bentuk emoji juga didesain ulang. Sekarang emoji di One UI 6 terlihat lebih menarik dan ekspresif, meski tampilannya agak tak timbul seperti sebelumnya.

Ada aplikasi Health di One UI 6 yang menampilkan lebih banyak info, apalagi saat dihubungkan kewearableyang mendukung. Data-data olahraga, kebugaran, semuanya ditampilkan secara komprehensif dalam satu aplikasi.

Pemantauan asupan air lebih detail lagi, dimana pengguna dimungkinkan untuk mengubah takaran minum mereka, seperti cangkir, botol, atau wadah lainnya.

Di One UI 6, aplikasi Calendar memberikan acara, tugas, dan pengingat yang akan datang secara kronologis, sehingga pengguna dapat memeriksa semuascheduleyang akan datang dengan baik. Pengingat dapat ditambahkan pada aplikasi Calendar.

Pengguna juga dapat memindahkan jadwal se-simpledrag & dropsaja. Caranya, tahan acara yang ingin dipindahkan dengan satu jari, kemudian jari lainnya untuk menavigasi ke hari dimana jadwal tersebut ingin dipindahkan.

Sistem keamanan tak lupa ditingkatkan. Ada satu fitur baru, namanya Auto Blocker. Sistem keamanan berlapis ini punya beberapa fungsi, seperti menghentikan pengguna melakukansideloadingaplikasi atau memasang aplikasi dari sumber yang tidak aman di luar Google Play Store atau Galaxy Store.

Auto Blocker secara rutin akan memindai aplikasi untuk mendeteksi adanya aktivitas jahat di latar belakang. 

Kemudian, Auto Blocker akan menghentikan perintah apapun melalui kabel USB. Misal, saat pengguna mengisi daya melalui port USB di tempat umum, Auto Blocker akan menjaga perangkat dioperasikan oleh hacker dari jarak jauh.

Auto Blocker pun dapat melindungi aplikasi perpesanan, seperti Message, WhatsApp, dan aplikasi pihak ketiga lainnya. Lagi marak kan penipu mengirim undangan atau resi pengiriman berformat .APK? Nah, Auto Blocker akan mencegahnya. 

Dikutip dari situs resmi Samsung Global, beberapa perangkat dari seri Galaxy S, Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold, Galaxy A, hingga Galaxy M Series telah memenuhi syarat untuk dapat memperbarui ke sistem operasi yang terbaru.

Berikut ini daftar smartphone Samsung yang kebagian update ke One UI 6 berbasis Android 14:

  • Samsung Galaxy S23 Series
  • Samsung Galaxy S22 Series
  • Samsung Galaxy S21 Series
  • Samsung Galaxy Z Fold5
  • Samsung Galaxy Z Fold4
  • Samsung Galaxy Z Fold3
  • Samsung Galaxy Z Flip5
  • Samsung Galaxy Z Flip4
  • Samsung Galaxy Z Flip3
  • Samsung Galaxy A54
  • Samsung Galaxy A53
  • Samsung Galaxy A33
  • Samsung Galaxy M54
  • Samsung Galaxy M53
  • Samsung Galaxy M34
  • Samsung Galaxy M33

Perlu dicatat, ini hanya daftar awal perangkat saja, belum sepenuhnya lengkap. Samsung nantinya akan mengungkap lebih banyak perangkat yang mendapatkan pembaruan ke Android 14 ini, tak terkecuali jajaran tablet terbaru mereka.