Fitur Galaxy Buds3 Ini Cuma Aktif di HP Samsung dengan One UI 6.1.1

pada 8 hari lalu - by

Uzone.id -TWS terbaruSamsung Galaxy Buds3dan Galaxy Buds3 Pro punya fitur audio yang lengkap, satu di antaranya Ultra High Quality Audio. Fitur ini dapat menyuguhkan audio beresolusi tinggi dengan detail yang lebih baik berkat dukungandouble sampling ratedengan coden SSC atau Samsung Seamless Codec. 

Akan tetapi, ternyata fitur tersebut eksklusif untuk perangkat Samsung dengan sistem operasi One UI 6.1.1 berbasis Android 14 saja. Dan sejauh ini, ponsel Samsung dengan sistem operasi tersebut baruSamsung Galaxy Z Flip6dan Galaxy Z Fold6.

“Untuk hi-res audio sendiri, saat ini hanya tersedia untuksmartphonedengan One UI 6.1.1 versinya. Dimana versi ini untuk sekarang hanya ada di Flip dan Fold6,” jelas MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, dalam acara Galaxy Ecosystem Wearables Online Media Session, Rabu (17/7).

 

 

Meski demikian, Taufiq memastikan bahwa Samsung segera menggulirkan update One UI 6.1.1 padasmartphonelainnya dalam waktu dekat, seperti Galaxy S23 Series, Galaxy S24 Series, serta duo Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5. 

“Nah, ke depannya, dalam waktu 1-2 bulan ke depan, kita akanrolloutOne UI 6.1.1 ini ke Galaxy lainnya, terutama S23 Series, S24 Series, Fold5 dan Flip5. Dan pada 2-3 bulan ke depan, hanyasmartphoneterutama Galaxy S23 ke atas yang menikmati Ultra High Quality di Galaxy Buds3 dan Buds3 Pro,” jelas Taufiq.

Maksimal di-pairingke HP Android dan iPhone, tapi….

Lebih lanjut menurut Taufiq, TWS Samsung Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro dapat terhubung dengan baik kesmartphoneAndroid atau iPhone sekalipun. Tapi lagi-lagi, potensi dari kedua TWS premium ini tak bisa dirasakan secara maksimal oleh pengguna ponsel non-Samsung. 

Seperti ketersediaan codec saja, pengguna hanya dapat menikmati audio dengan codec SBC (Sub-band Codec) dan AAC (Advanced Audio Coding) yang mana keduanya bukanlah codec untuk Ultra High Quality Audio yang jadi fitur utama Samsung Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro.

“Cukup disayangkan sebenarnya jadi tidak maksimal fiturnya, karena codec yang dipakai untuk hi-res adalah SSC atau Samsung Scaleable Codec Ultra High Quality,” tutur Taufiq.

Jangan kecewa dulu, karena fitur-fitur lain seperti 2-way speakers denganplanar tweeteruntuk memproduksi range suara yang luas, lengkap dengan Dual Amplifier agar keluaran suaranya lebih jernih, masih bisa dirasakan oleh pengguna HP non-Samsung.

“(TWS) Bisa digunakan tapi gak maksimal, dan agar maksimal gunakansmartphoneSamsung Samsung Galaxy,” ucapnya.

 

 

Dan tak menutup kemungkinan, fitur lengkap dari Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro bisa dicoba pada ponsel Samsung kelas menengah ke depannya melalui pembaruan One UI 6.1.1.

“Gak menutup kemungkinansmartphone midrangebisa menikmati fitur Ultra High Quality Audio di TWS baru kami. Ditunggu saja updatenya, tapi memang saat ini syaratnya One UI 6.1.1 dulu,” pungkas Taufiq.

Kedua TWS ini hadir dalam warna White dan Silver. Perihal harga, Samsung Galaxy Buds3 dibanderol dengan harga Rp2.299.000, sementara Galaxy Buds3 Pro dijual dengan harga Rp3.299.000.