Fitur WhatsApp Community, Apa Fungsi dan Bagaimana Cara Pakainya?

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id– November tahun lalu, WhatsApp sudah fitur “Komunitas/Community” yang memberikan pengalaman lebih luas untuk berkomunikasi bagi para penggunannya.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan komunitas atau grup yang memiliki minat yang sama. Fungsi fitur ini sekilas mirip dengan fitur Komunitas di Twitter, yaitu sama-sama menghubungkan pengguna dengan minat yang sama dalam satu tempat.

Bedanya, di WhatsApp, fitur Komunitas ini akan menjadi grup utama dari beberapa grup kecil yang menjadi anggota Komunitas.

Baca juga:Tipe-Tipe Pengguna Instagram Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana?

Singkatnya, fitur Komunitas ini adalah perkumpulan grup-grup kecil dalam satu tempat yang sama. Misalnya, grup-grup antar kelas bisa dikumpulkan dalam satu tempat yang sama menggunakan fitur ini.

Nantinya, anggota dari masing-masing grup bisa saling berkomunikasi lewat Komunitas tanpa harus ada grup baru. Kelebihan dari fitur ini adalah keberadaan menu yang berbeda sehingga bisa dibedakan dengan grup biasa di chat room.

Kalian juga bisa beralih dengan mudah dari grup satu ke grup lainnya untuk mendapat informasi yang kalian butuhkan, lalu membagikannya secara luas di grup Komunitas ini.

“Komunitas seperti tetangga, orang tua murid, dan rekan di kantor kini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp,” kata WhatsApp dalam keterangannya.

WhatsApp menambahkan kalau Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.

Untuk saat ini, fitur Komunitas baru tersedia di iOS dan Android. Bagi kalian yang ingin tahu cara memakai fitur ini, berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: 6 Tipe Penghuni Grup WhatsApp, Kamu Termasuk yang Mana?

Untuk menggunakannya, di iOS kalian hanya perlu masuk ke menu Komunitas yang sudah ada di bagian bawah layar WhatsApp dengan ikon berada di paling tengah.

Untuk pengguna Android, kalian hanya perlu menekan ikon obrolan di sudut kanan bawah, lalu pilih New Community.

Selanjutnya, buat Komunitas baru dengan memasukkan nama, deskripsi, dan gambar profil komunitas.

Setelah itu, kalian bisa memilih membuat grup baru atau menambahkan grup yang sudah ada.

Klik opsi Tambahkan Grup yang Sudah Ada/Add Existing Group, lalu pilih grup-grup yang relevan dengan komunitas yang telah dibuat.

Terakhir, klik Tambah/Add lalu setelah semua grup dimasukkan, kalian hanya perlu menekan tombol Create/Buat.

Kalian masih bisa menambah lebih banyak grup ke WhatsApp dengan total 50 grup dan 5000 anggota.

Selain untuk keperluan sekolah atau universitas, WhatsApp menghadirkan fitur ini untuk membantu berbagai organisasi. Diketahui, WhatsApp bekerja sama dengan lebih dari 50 organisasi dari 15 negara untuk membangun fitur ini guna membantu mereka memenuhi kebutuhannya.