Pencicip Rasa, Profesi Unik Dengan Imbalan Menggiurkan

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Pencicip rasa ataufood tester, mungkin tidak ada dalam daftar cita-cita kebanyakan orang di dunia. Padahal, pekerjaan ini menyenangkan khususnya bagi para pecinta kuliner.

Selain menyenangkan buat yang hobingemil, profesi unik ini juga menjanjikan penghasilan yang menggiurkan. Tak heran jika setiap tawaran kerja sebagai pencicip rasa, diminati banyak orang.

Grubstreet, situs Amerika Serikat yang khusus mereview makanan dan restoran mengungkapkan, setiap satu peluang kerja pencicip rasa rata-rata diminati oleh 400 pelamar. Apalagi jika posisi ini ditawarkan oleh produsen makanan terkemuka, yang menawarkan imbalan memadai.

Seperti Mondelez International, produsen aneka makanan dan minuman terbesar kedua di dunia, setelah Nestle. Di Indonesia, aneka produk Mondelez yang cukup populer yaitu cokelat Cadbury, keju Kraft, Toblerone, Oreo, Ritz, Biskuat, dan Kejucake.

Baru-baru ini, perusahaan berpusat di Reading, Inggris, tersebut mencari pencicip rasa cokelat dan minuman cokelat. Untuk kerja hanya 8 jam per pekan, perusahaan menawarkan imbalan USD 12,6 atau Rp 1,4 juta per pekan. 

Yang menarik, Mondelez tak mensyaratkan pengalaman bagi pelamar. Yang terpenting, kandidat harus jujur, dan obyektif dalam memberikan penilaian soal rasa. Selebihnya, perusahaan akan memberikan pelatihan khusus.

Namun menurutGrubstreet, pekerjaan ini bukan perkara mudah untuk sekedar makan dan menilai yang dimakan enak atau tidak. Seorang pencicip rasa harus mengingat rasa setiap makanannya, dan membandingkan makanan/minuman yang satu dengan yang lain.

Profesi unik ini cukup banyak dicari. Sejumlah situs yang mengulas kuliner, cukup sering memuat lowongan kerjafood testeruntuk di Amerika Serikat dan Kanada.