Gak Berfaedah, Fitur PemicuStalkingini Disingkirkan Instagram

pada 5 tahun lalu - by

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id- Instagram menghapus fiturFollowing, yang lebih dikenal sebagai fitur untukstalkingdaripada untuk menemukan akun baru seperti yang diharapkan Instagram.

Fitur ini bisa diakses melalui ikon berbentuk hati di Instagram. Ada di paling atas tampilan Instagram,Followingbersebelahan denganYou.

Ditabitu, kamu bisa melihat beragam aktivitas dari akunfollowingkamu, seperti apa saja yang merekafollow, like,ataucomment.

Baca juga:Aplikasi Pesaing TikTok ini Bakal Diakuisisi Google

MengutipTechCrunch, Instagram telah mengatakan bahwa fiturExploreadalah wadah untuk mencari orang baru, tempat baru, danhastaguntuk di-follow. Sementara itu, fiturFollowinghanya dipakai segelintir orang. Dengan kata lain,Followingkurang berfaedah bagi netizen.

Faktor-faktor tersebut yang menjadi alasan di balik penghapusan fiturFollowingyang diluncurkan pada awal 2011, jauh sebelum tabExploremuncul.

Di samping tidak banyak membantu dan pengguna mengabaikannya,tab Followingmembuat orang-orang menjadi tidak punya privasi atas apa yang merekalikedanfollowdi Instagram. Mengutip TechCrunch, kehidupan online seseorang menjadi sangat transparan lewat fitur ini.

Baca juga:GakLaku di Facebook, Fitur Group Stories Siap Pindah ke Instagram

Alhasil, fitur ini bisa memicu masalah dalam hubungan dengan teman atau pasangan. Misalnya, seseorang jadi mengetahui bahwa pasangannya menghabiskan waktu untuklikeataucommentdi akun mantan.

Fitur ini juga diketahui telah memengaruhi atau mengakhiri pertemanan beberapa orang. Jadi ada orang yang tidak merespons pesan dari teman mereka, tapi orang itu ketahuan aktif di Instagram.

Baca juga:Facebook Tembus Angka 5 Miliar Install di Perangkat Android

Instagram baru saja mengumumkan perubahan, tapi banyak pengguna yang sudah kehilangan akses ke fiturFollowing. Pada Agustus, ada beberapa pengguna yang mengeluhkantabFollowingmereka hilang.

Instagram mengatakan bahwatabFollowingbakal mulai dihapus hari ini, tapi prosesnya akan selesai dalam waktu seminggu. Coba cek, apakahtabFollowingkamu sudah hilang?