Gak Mau Kalah Sama Biden, Presiden China Bawa Mobil Sendiri ke KTT G20

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id-Dua Presiden negara adidaya dunia, China dan Amerika sepertinya memang harus bersaing dalam hal apapun, termasuk dalam urusan mobil operasionalnya.

Gak mau kalah dengan Joe Biden, Presiden Amerika yang membawa mobil sendiri Cadillac One ‘The Beast’ ke KTT G20 di Bali, Presiden China, Xi Jinping pun pede bawa mobil buatan negaranya sendiri.

Presiden China, Xi Jinping dipastikan bakal hadir di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

Jinping akan menggunakan mobil kepresidenan berkode Honggi N701 yang menghabiskan biaya sampai Rp10 miliar untuk membuat mobil ‘pelindung berjalan’ presiden China ini.

Mobil ini dirancang khusus untuk sang presiden dan hanya akan dibuat sebanyak 50 unit dalam 10 tahun kedepan, untuk menjaga kerahasiaan dan ekslusifitasnya.

Jadi, meskipun kita bisa melihat tampilan dan sosoknya, namun urusan spesifikasi, sangat dirahasiakan, sehingga tidak ada keterangan resmi menyoal spesifikasi Honggi N701 tersebut.

Tapi dari berbagai sumber yang beredar, limosin ini punya bobot mencapai 3 ton, karena beberapa bagian sudah diupgrade dengan material khusus untuk melindungi sang presiden. Konon, handle pintu-nya saja menggunakan material batu giok.

Kendaraan roda empat mewah ini memiliki dimensi panjang 5.555 milimeter (mm), lebar 2.018 mm, wheelbase 3.435 mm, dan tinggi 1.578 mm.

BACA JUGA: Test Drive Hyundai Ioniq 5 untuk Harian

Untuk mesinnya, Honggi N701 kemungkinan dibekali sebongkah mesin berkonfigurasi V8 atau bahkan V12, berdasarkan produk terbaru Honggi LS7, yang menggunakan mesin V8 berkapasitas 4.000cc turbo bertenaga 360 Hp dan torsi 550 Nm.

Tidak ada informasi lain mengenai spesifikasi dan fitur-fiturnya, namun seperti halnya mobil-mobil kepresidenan lain, diprediksi mobil Jinping punya sudah memenuhi standar keamanan kepala negara.

Mulai dari bodi dan kaca mobil anti peluru, rangka anti ledakan, ban yang bisa tetap digunakan meski terkena berondongan peluru dan granat, serta masih banyak lagi.

VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris?