Gandeng Huawei, Indosat Resmikan Pusat AI Pertama di Solo Technopark

pada 9 hari lalu - by

Uzone.id— April 2024 lalu, Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan akan meluncurkan pusat AI di Indonesia. Tak butuh waktu lama, per Agustus 2024, pusat AI tersebut resmi diluncurkan.

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) resmi meluncurkan AI Experience Center pertama Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah para Selasa, (20/08). 

Vikram Sinha selaku President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison menegaskan bahwa AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan Indosat memberdayakan Indonesia melalui AI. 

“Hal ini mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global. Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia,” kata Vikram.

 

 

Pusat AI ini tersebut dilengkapi dengan fasilitas dengan teknologi yang diklaim paling mutakhir, termasuk didukung oleh konektivitas 5G dari Indosat Ooredoo Hutchison.

Tak sendiri, Indosat Ooredoo Hutchison menggandeng Huawei dalam AI Experience Center ini. Mereka memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuksmart city managementyang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif. 

Experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Fasilitas-fasilitas tersebut menjadi permulaan bagi Indosat sebelum nantinya akan mendirikan AI Center of Excellence dalam waktu dekat dengan dukungan teknologi 5G.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, seperti Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison; dan Walikota Surakarta, Teguh Prakosa. 

 

 

“Inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi. Kami percaya bahwa experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor, dan kami secara penuh mendukung kesuksesannya,” kata Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana dalam keterangannya.

Sementara itu, Walikota Surakarta, Teguh Prakosa merasa bangga dan terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia.

“Fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

 

 

Kehadiran pusat AI ini diklaim menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi di Solo sendiri sudah dirancang semenjak tahun 2021 lalu melalui peluncuran layanan 5G, yang diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.