Garmin Venu 3 & Vivoactive 5 Tiba, Fiturnya Ramah Pengguna Kursi Roda

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id -Jelang akhir tahun, sepasangsmartwatchterbaru dari Garmin tiba di Indonesia. Adalah Garmin Venu 3 dan Vivoactive 5, jam tangan pintar dengan fitur kebugaran yang diklaim lebih lengkap. Apa saja kebolehannya?

Sky Chen selaku Director of Garmin Southeast Asia menyebut, Venu 3 dan Vivoactive 5 dilengkapi fitur kesehatan yang lebih dipersonalisasi, sehingga memudahkan penggunanya untuk memahami tubuh mereka dengan baik.

“Dengan fitur-fitur canggih yang disesuaikan untuk kesehatan dan data yang lebih dipersonalisasi, memudahkan Anda memahami tubuh Anda dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.Smartwatchini akan menjadi teman setia Anda dalam perjalanan untuk lebih mengerti diri Anda,” jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterimaUzone.id.

Fitur Garmin Venu 3

Garmin Venu 3 memiliki diameter 45 mm dengan layar AMOLED seluas 1,4 inci, kalaupun dirasa terlalu besar di pergelangan tangan, Garmin kasih opsi lain, yakni Venu 3s dengan lingkaran jam berukuran 41 mm dan layar AMOLED 1,2 inci. Secara fitur tak jauh berbeda, seperti layar AMOLED dengan masa pakai baterai yang tahan lama.

 

 

Ragam fitur disertakan, satu di antaranya yang menarik adalah Wheelchair Mode. Dengan fitur ini, Garmin Venu 3 bisa dikenakan oleh pengguna kursi roda, lantaran memiliki sistem pelacak dorongan dari tangan pengguna ke roda.

Smartwatchini juga dilengkapi aplikasi dan latihan olahraga khusus kursi roda. Sky Chen mengatakan, “Dalam pembuatan fitur-fitur baru ini, algoritma dari beberapa fitur yang ada telah dimodifikasi untuk meningkatkan manfaat dari insight penting bagi pengguna kursi roda.”

Tak usah khawatir menggunakannya di berbagai kondisi, terutama bagi kalian yang gemarnya berenang. Garmin Venu 3 sudah mengantongi sertifikasi tahan air 5 ATM, membuatnya bisa diajak menyelam di air tawar sedalam 50 meter.

Garmin Venu 3 dilengkapi lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan. Pengguna dapat melacak cara mereka bergerak, mulai dari berjalan kaki dan berlari hingga bersepeda, berenang di kolam renang, aktivitas pengguna kursi roda, dan banyak lagi.

Venu 3 memungkinkan pengguna mengikuti animasi latihan kekuatan, HIIT, Pilates, dan yoga yang langsung dari jam tangan. Selain itu, pengguna dapat membuat latihan dengan gerakan demi gerakan yang disesuaikan dengan kemampuan mereka sendiri. 

 

 

“Terdapat dari lebih dari 1.600 latihan di aplikasi Garmin Connect dan mengirimkannya langsung ke jam tangan,” jelas Sky Chen.

Bagi mereka yang ingin lari 5K atau lebih lama, rencana pelatihan adaptif Garmin Coach dapat membantu pengguna mempersiapkan diri. Selain memantau langkah harian, kalori yang terbakar, dan naik atau turun lantai, Venu 3 dapat melacakintensity minutesbaik tingkat sedang dan kuat, hingga VO2 Max saat berlari.

Fitur kebugaran lainnya, seperti pemantau tidur dan pelatihan agar waktu tidur lebih baik,nap detection,body battery, deteksi detak jantung yang lengkap, hingga praktik meditasi, juga ada di Garmin Venu 3.

Fitur Garmin Vivoactive 5

Garmin Vivoactive 5 punya layar AMOLED berukuran 1,2 inci yang dapat menampilkan beragam informasi dan notifikasi secara lengkap. Layarnya cerah, sehingga mudah dibaca walau pengguna berada di bawah sinar matahari yang terik.

Smartwatchini memiliki daya tahan baterai hingga 11 hari, sehingga pengguna dapat memanfaatkannya untuk memantau kesehatan mereka dalam waktu yang lama, seperti detak jantung, pernapasan, stres, dan sebagainya.

Garmin Vivoactive 5 memiliki lebih dari 30 aplikasi GPS dan olahraga dalam ruangan yang dimuat di dalamnya. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan pengguna ketika mereka berjalan kaki, berlari, mendayung, hingga aktivitas untuk pengguna kursi roda.

Sama halnya dengan Venu 3, ada Garmin Coach yang memudahkan pengguna untuk membuat rencana pelatihan adaptif untuk berlari atau bersepeda. Informasi kebugaran juga bakal tampil secara lengkap, termasuk VO2 Max danintensity minutes

 

 

Fitur lainnya kurang lebih sama, sepertibody battery, Sleep Coach untuk melatih kualitas tidur pengguna lebih baik lagi,morning report, Wheelchair Mode,nap detection, dan sebagainya. Seperti Garmin Venu 3 juga, Vivoactive 5 pun memiliki rating 5 ATM tahan air sedalam 50 meter.

Harga dan ketersediaan

Secara fitur kebugaran, Garmin Venu 3 dan Vivoactive 5 memang tak ada yang berbeda. Namun perbedaan signifikan terdapat pada kebolehan keduanya untuk mendukung komunikasi pengguna.

Garmin Venu 3 dan Garmin Venu 3s bisa digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan langsung dari jam tangan. Venu 3 juga bisa menerima email, SMS, dan peringatan saat dipasangkan dengansmartphonemereka yang kompatibel, sementara Garmin Vivoactive 5 tidak mendukungnya.

Garmin Venu 3 dan Venu 3s juga mengusung Jet Lag Adviser, fitur yang tak dipunyai Vivoactive 5. Garmin Vivoactive 5 juga tak bisa menampilkan animasi latihan pada layar AMOLED-nya.

Makanya, harga Garmin Vivoactive 5 jauh lebih murah, tepatnya Rp5.349.000. Jam tangan ini tersedia dalam 4 opsi warna, yaitu black/slate, ivory/cream gold, captain blue/blue met, dan orchid/metallic orchid.

Sementara Garmin Venu 3 dan Venu 3s, dibanderol dengan harga Rp7.999.000. Venu 3 hadir dengan warna whitestone/passivated dan black/slate, kalau Venu 3s punya warna pebble gray/slate, sage gray/passivated, french gray/soft gold, dust rose/soft gold, dan ivory/soft gold.Smartwatchterbaru Garmin ini sudah dapat dibeli di Tokopedia, Shopee, Blibli, Eraspace, dan Garmin Brand Stores Offline di seluruh Indonesia.