Garuda-Citilink Hilang dari Traveloka, Ini Komentar OTA Lain

pada 8 tahun lalu - by


Beberapa minggu belakangan ini, netizen dikejutkan dengan menghilangnya layanan maskapai Garuda dan Citilink di salah satuOnline Travel Agent(OTA). Menyikapi hal itu Chief Communication Officer dan Co-Foundertiket.com, Gaery Undarsa tak mau ikut berkomentar.

Menurut Gaery untuk mencegah permasalahan serupa terjadi kembali, harus terjalin kerjasama yang baik antara maskapai dengan OTA. Kedua belah pihak mempunyai ketergantungan satu sama lain, sehingga tidak boleh ada kesalahpahaman di dalamnya.

"Tiket.comnggak ada ikut-ikutan dan nggak tahu apa-apa karena menurut sayatravel agenthidup darisupplieryaitu maskapai. Harus ada hubungan baik dan nggak mau cari ribut. Kalau mereka ada butuh apa kitasupport," terang Gaery yang dijumpai di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2016.

Dari situ, Gaery menilai ada pelajaran yang didapatkan sebagai pelaku industrionline travel agent. Salah satunya untuk tidak ingin menang sendiri terhadap pengambilan keputusan dalam sebuah kerjasama.

Selain itu, ia juga berpesan agar tidak terjebak pada euforia kemajuan era dunia digital yang makin menunjukkan peran besarnya saat ini.

"Semua bilang oooh masa depannyaonline, nah yang bagus jangan terpengaruh. Tren pasti berjalan tinggal me-manage expectationsaja. Kita sama-sama butuh kok saling ambilbenefit-nya saja," imbuhnya.

Ke depan ia berharap, kerjasama antar maskapai denganonline travel agentdapat terjalin semakin baik. Selama ini, pihaknya mengaku tak mengambil keuntungan dari harga yang diberikan sebuah maskapai. Sehingga harga yang ditawarkan ke pelanggan, adalah harga langsung dari maskapai tersebut.

"Harga yang kita dapat dariairlinesnggak kita tambahin apapun. Kita lempar kecustomer. Untuk keuntungan kita bagaimana ya kalo dari penjualan bagus langsung dariairlinesitu berapa persen intensifnya dikasih ke kita. Nggak seberapa tapi secara volume rupiah tinggi," tutupnya.