Gawat, Oral Seks Bikin Mulut Jadi Sariawan Lho

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

ORAL seks bagi sebagian pasangan bisa membuat sesi bercinta kian menyenangkan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa oral seks itu bisa bikin orang terkena sariawan?

Ya, dijelaskanDr.drg. Febrina Rahmayanti, Sp.PM, dokter gigi spesialis penyakit mulut RS Pondok Indah - Pondok indah, oral seks bisa jadi media seseorang terkena sariawan.

Tetapi, jangan dianggap sariawan yang timbul dari stomatisi aftosa – sariawan pada umumnya. Tapi, hal itu dari virus herpes simplek yang ditularkan dari cairan saat oral seks. Terlebih, bila alat genital pria yang tidak bersih. Hal itu kian memudahkan terjadinya penularan.

"Kalau sariawan yang muncul oral seks itu karena virus. Bukan yang umum dirasakan orang. Jadi proses penularan, saat pasangan kita sistem tubuhnya kurang bagus hingga virus herpes masuk ke tubuh, lalu akhirnya tertular lewat cairan karena aktivitas oral (red – seks) ," ungkapnya dalamacara yang bertemaSmall Media DiscussionRumah Sakit Pondok Indah, di Kembang Goela, di Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

Untuk mengidentifikasinya, tambah dokter Febrina, sariawan karena virus bentuk luka banyak dan bergerombol.

Tidak seperti sariawan umum yang muncul di beberapa daerah rongga mulut, entah itu dibibir bagian dalam, pipi bagian dalam, dasar mukut dan tepi lidah.

"Lantas, bagaimana untuk mengantisipasi dari penyebaran virus herpes? Ya kita jaga kebersihan alat genital dan menjaga nutrisi dalam tubuh agar tubuh kondisi fit. Karena virus masuk ke tubuh karena tubuh sedang lemah," terangnya.