Geber Mitsubishi XFORCE di Sirkuit, Libas Jalan Basah dan Bergelombang

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id-Sebenarnya, ini bukan kali pertama menjajal Mitsubishi XFORCE. Kala itu memang di lokasi yang terbatas, test drive area GIIAS 2023. Nah sekarang, seharusnya lokasi ujinya jauh lebih baik karena berada di sebuah sirkuit Proving Ground di Karawang.

Secara lokasi, Proving Ground kepunyaan Bridgestone ini cukup menggambarkan berbagai kondisi jalan di Indonesia, mulai dari trek lurus, jalan bergelombang, aspal dan juga beton, sampai lintasan basah dengan genangan air.

 

 

Pertama soal akselarasi. Mitusbishi XFORCE mengusung mesin MIVEC berkapasitas 1.500cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 hp dan torsinya 141 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Padanan tersebut menurut kami menawarkan akselarasi yang biasa saja, tidak kencang juga tidak lemot. Terbilang cukup untuk sebuah SUV ringkas seperti XFORCE.

Namun akselarasi yang kami rasakan cukup halus dan lembut, juga raungan mesin yang hanya terdengar samar-samar saja di dalam kabin, yang menandakan peredaman kabinnya lumayan baik.

Saat di trek lurus pun, tenaga mobil cukup terisi dari bawah sampai atas, dan kami berhasil meraih top speed di kisaran 135 - 140 km per jam sebelum harus melakukan pengereman karena ada tikungan.

Kalau urusan tenaga terbilang biasa saja, XFORCE sekali lagi memang superior di sektor handling. Apalagi ketika dilengkapi dengan 4 mode berkendara, mulai dari Normal, Gravel, Mud dan Wet.

Kami mencoba mode Normal dan Wet saat harus menghadapi lintasan aspal yang tergenang air. Hasilnya, perbedaan yang dirasakan antara kedua mode tersebut lumayan terasa.

Dalam mode normal, pergerakan mobil memang masih sangat terkendali ketika melindas genangan air, namun tidak sepresisi saat mode Wet diaktifkan dan handling jadi terasa benar-benar terbantu berkat mode berkendara untuk lintasan basah tersebut.

Saat bermanuver di tikungan pun, mode Wet membuatcorneringmobil jadi lebih tajam, sementara saat mode Normal, agak sedikit melebar karena berkurangnya traksi ke permukaan jalan.

Benar apa yang dikatakan banyak orang yang sempat mencoba sekilas XFORCE, dimana bantingan suspensi terasa keras. Kami pun merasakannya ketika mobil melewati permukaan jalan bergelombang dan sedikit rusak yang memang terdapat di Proving Ground sebagai simulasi jalan raya.

Namun, pergerakan mobil lagi-lagi tidak liar dan tetap stabil meski jalan bergelombang tersebut dipacu dengan kecepatan tinggi. Guncangan di dalam kabin pun relatif wajar dan tidak sampai mengganggu kenyamanan.

Asiknya lagi dengan setingan suspensi seperti itu, mobil jadi sangat ‘nurut’ saat harus melewati jalur zig-zag dengan kecepatan tinggi. Bodi dan setir seolah harmonis mengikuti kemauan pengemudi.

 

 

Kesimpulanya, sirkuit buatan Proving Ground Bridgestone memang cukup bisa mengambarkan bagaimana karakter mobil ini. XFORCE punya akselarasi dan tenaga yang biasa saja, namun menawarkan handling yang superior di kelasnya.

Selain itu, peredaman kabin juga cukup baik dan kenyamanan saat mengendarai mobil ini pun lumayan baik dan pastinya, Mitsubishi benar-benar menawarkan karakter berkendara yangb fun pada XFORCE.