Gelar Live Stream Terlama, TikTok Shop Raih Dua Rekor MURI

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Tiktok melalui fitur TikTok Shop berhasil memecahkan dua rekor MURI sebagai kategori shoppable live stream terlama dan jumlah short video terbanyak selama dua minggu berturut-turut.

Prestasi ini didapatkan TikTok Shop bersama salah satu brand lokal Roughneck 1991 saat menggelar festival belanja 10.10 bulan Oktober lalu, dimana para brand dan merchant banyak menggunakan fitur tersebut dalam memasarkan produk buatannya.

Mengusung konsep baru Shoppertainment (entertainment-first, commerce second) menjadikan shoppable live stream ini sebuah tren baru dalam berbelanja online, serta membuat para merchants di berbagai skala, termasuk UMKM, memiliki ragam cara kreatif untuk menarik calon pelanggan baru dan mengembangkan bisnisnya.

Roughneck 1991 sendiri adalah brand fashion lokal asli Indonesia yang tercatat berhasil memecahkan rekor MURI untuk kegiatan live stream terpanjang selama 10 hari berturut-turut, dan akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam dua minggu dari kategori fashion.

Melalui sesi Media Gathering TikTok Shop, Owner dari Roughneck 1991, Muhammad Rusli Nur Ikhwan mengaku memilih TikTok Shop sebagai wadah promosi karena melihat perkembangannya yang sangat pesat dari tahun ke tahun.

Baca juga: Jualan Live di TikTok Shop Jadi Ladang Cuan untuk UMKM Lokal

“Di momen belanja 9.9 kami mulai inisiatif untuk melakukan live nonstop selama tiga hari berturut-turut, dan kegiatan ini membantu kami meningkatkan sales sampai 10 kali lipat dibanding hari biasa. Berkaca dari hasil ini lah, kami melakukan lagi live selama 10 hari di momen 10.10,” ujarnya.

Selain kegiatan live stream, fitur short video juga dipilih Roughneck 1991 dan merchant lain di TikTok Shop dalam memasarkan produk mereka. Secara kumulatif, terdapat 362.637 penjual dari kategori fashion yang telah meningkatkan jumlah unggahan video mereka.

Dari situ, TikTok Shop tercatat berhasil memecahkan rekor MURI atas akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam kurun waktu dua minggu saja.

Pada kesempatan yang sama, disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga, inovasi dalam kegiatan jual beli online sangat dibutuhkan, terutama dalam menyediakan berbagai konten-konten yang menarik.

Salah satunya dengan fitur Shoppable live stream yang menjadi inovasi marketing dalam menjangkau lebih banyak pembeli potensial dengan cakupan yang lebih luas.

Baca juga: Waspada Cari Informasi di TikTok, 20 Persen Kontennya Hoaks

“Fitur ini sangat relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat, salah satunya gen Z dan milenial di era social commerce, mengingat di era ini masyarakat cenderung memanfaatkan platform digital untuk mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” ujar Bima.

Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia, Desey Muharlina Bungsu turut menyampaikan bahwa TikTok Shop terus mendukung pertumbuhan brand dan merchant lewat berbagai fitur yang ada. Mulai dari fitur shoppable live streams, video pendek, dan fitur Shopping Center yang baru-baru ini diumumkan.

“Dengan mengusung konsep shoppertainment di mana hiburan adalah poin penting dalam kegiatan berbelanja, TikTok Shop juga memberikan dukungan kepada brand dan merchant, mulai dari merintis usaha, inkubasi, hingga menumbuhkembangkan bisnis. Brand dan merchant lokal (UKM) di TikTok semakin diberdayakan melalui program unggulan reguler TikTok Shop seperti TikTok Shop Seller Conference, Program Inkubasi Penjual TikTok Shop, Program Follow Me, dan Maju Bareng TikTok," pungkasnya.