Gempa Subang Terasa Hingga Jakarta

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Gempa bumi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, berkekuatan 6,5 skala richter turut terasa ke beberapa daerah.

Menurut Kepala Sub Bidang (Kasubid) Gempa Bumi dan Tsunami Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Indonesia, Sri Hidayati, gempa yang terjadi pada pukul 07:25 WIB pagi terasa hingga Jakarta, Pacitan, Trenggalek dan Bantul.

"Terasa di Bandung juga, beberapa teman ada yang melaporkan telah merasakan gempa ini," ujar Sri, kepada wartawan, Rabu (19/10).

Sri mengatakan, gempa bumi terjadi karena posisi kedalaman dan pusat gempa, sejajar dengan zona Beniof. Diperkirakan, bersumber dari aktivitas zona Subduksi. "Masyarakat kami himbau agar tenang dan mengikuti arahan dari petugas BPBD," katanya.

Sri pun, meminta masyarakat tetap mengedepankan kewaspadaan dan jangan terpancing dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. "Masyarakat agar waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang energinya lebih kecil," katanya.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada koordinat 5.29 Lintang Selata dan 108 Bujur Timur (BT) berskala 6,5 richter dengan kedalaman 654 kilometer berjarak 120 Km Timur Subang Jawa Barat.

BERITA TERKAIT