Gone in 60 Seconds, Terbakarnya Mustang Shelby Eleanor

pada 3 tahun lalu - by

Foto: TMC Polda Metro Jaya

Uzone.id- Muscle car ikonik Mustang Shelby GT500 "Eleanor" ludes terlalap api di kawasan Pondok Indah. Kebakaran mobil sendiri bukan hal baru, apalagi untuk mobil tua kelahiran tahun 1967.

Banyak yang menduga-duga apa penyebab mobil bisa kebakaran. Pastinya banyak sekali penyebab. Tapi yang paling sering dan kerap diabaikan adalah akibat bagian kelistrikan bermasalah.

Dari percakapan grup pecinta mobil klasik yang kami ikuti, terjadi diskusi terkait penyebab dari insiden tersebut. Info yang beredar, sang pemilik belum pernah menggunakan mobil yang dibelinya, konon dengan mahar Rp3,5 miliar tersebut.

Baca juga: Jajal Mobil Listrik Termurah MG ZS EV, Kencangnya Senyap!

Mobil tersebut lama terparkir di bengkel dan saat kejadian, mobil tersebut sedang dibawa pulang dan terjadi korsleting listrik, sehingga menyebabkan mobil terbakar.

Namanya mobil tua, apalagi versi restorasi, sudah bisa dipastikan kalau ada modifikasi pada sektor kelistrikannya. Dan ketika tidak hati-hati, maka potensi korsleting bakal jadi ancaman tersendiri.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut adalah, selalu waspada terhadap sektor kelistrikan mobil. Apalagi ketika mobil tersebut jarang kita gunakan.

Banyak faktor yang enyebabkan sistem kelistrikan bermasalah saat mobil kelamaan nganggur. Kabel-kabel getas dan bahkan serangan tikus, jadi salah satu fenomena paling sering dialami pemilik mobil yang mendiamkan mobilnya kelamaan.

Kemudian, potensi kebakaran bisa terjadi ketika kita melakukan modifikasi sektor kelistrikan yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Modifikasi audio, lampu-lampu, dan masih banyak lagi, perlu perhatian khusus, apalagi ketika mengurus mobil tua.

Dan yang terakhir, kondisi tersebut mengajarkan kita semua kalau APAR itu menjadi hal yang penitng wajib ada di dalam mobil. Mobil-mobil baru saat ini, sudah diwajibkan menyediakan APAR sebagai bagian dari fitur standar.

Sementara untuk mobil-mobil klasik seperti Eleanor, memang sudah seharusnya sang pemilik berinisiatif untuk menyediakan pemadam api ringan tersebut di dalam mobilnya.

VIDEO Bocoran Toyota Avanza & Honda BR-V Terbaru, Berubah Biar Laris Lagi: