Google: 43% Gen Z di Indonesia Sudah Sadar dengan AI di Smartphone

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id -Google Indonesia melakukan survei terhadap sejumlah masyarakat Indonesia mengenai kesadaran mereka terhadap teknologi artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dari 1.508 sampling populasi yang disurvei Google, 41% diantaranya sudah aware dengan AI, sementara 11% malah tidak hanya aware tapi juga mencobanya.

Kemudian kesadaran mereka soal AI di dalam perangkat mobile pun termasuk tinggi yakni sebesar 38%, sedangkan 14% menggunakan AI di dalam smartphone.

Google juga mengatakan melakukan survei terhadap 474 koresponden Gen Z, yakni yang sekitar umur 11 sampai dengan 26 tahun mengenai AI dan AI di dalam mobile.

 

 

Hasilnya 45% mereka sudahawareterhadap AI, sedangkan 43% malah menyadari AI juga di dalam perangkat mobile.

"Jadi kita lakukan survei di bulan November dan di sini datanya sangat menarik. Ada 43% yang sudah aware dengan AI di mobile, sementara 21% itu sudah mencoba, dan ini sangat luar biasa sebagai starting point," ujar Country Head of Android of Google Indonesia Denny Galant dalam Forwat Masterclass bersama Samsung Galaxy AI, di Jakarta.

 

 

Data Google ini juga menunjukkan bahwa 35% menggunakan AIuntuk melakukan photo dan editing. Sementara 29% memanfaatkan untuk produktivitas seperti translator, reading dan sebagainya.

Perilaku tersebut tak terlepas dari penetrasi teknologi AI di bidang profesional maupun kreatif.

Tren tersebut juga menunjukkan kesiapan pengguna dalam mengadopsi dan mengekspansi manfaat teknologi AI lebih dari sebelumnya. Maka dari itu, Gen Z dan milenial perlu upgrade skill mereka untuk bisa bersaing di era modern, yang salah satunya dilakukan dengan meningkatkan adopsi platform AI generatif untuk membantu menyelesaikan pekerjaan hingga membuka inspirasi dan imajinasi dalam berkarya. Sekarang pun saatnya bagi milenial dan Gen Z untuk upgrade skill agar bisa bersaing di era modern.