Google dan YouTube Gelontorkan Rp2 Miliar Dukung UMKM Go Digital
Uzone.id– Raksasa teknologi Google dan YouTube bersama dengan Kemenkop UKM merayakan hari UMKM nasional yang jatuh pada hari Sabtu, (12/08) kemarin.
Bersamaan dengan pagelaran acara ini, Google dan YouTube mengumumkan akan memberikan lebih dari Rp2 miliar untuk UMKM di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat.
Dana ini disiapkan Google untuk beragam alat pemasaran digital yang nantinya akan membantu para UMKM berbisnis dalam ekosistem digital. Rencana ini pun disambut baik oleh Kementerian Koperasi dan UKM.
“Saya sangat mengapresiasi bagaimana YouTube dan Google mendukung transformasi digital UMKM di tanah air, salah satunya melalui pelatihan maupun dukungan untuk membantu mengembangkan usaha mereka di online, yang diumumkan hari ini,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki.
Teten mengharapkan kalau cara ini mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah untuk mewujudkan 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital.
“Saat ini, lebih dari 22 juta UMKM telah onboarding,” tambahnya.
Google juga menggandeng SMESCO untuk mengadakan lokakarya pelatihan UKM dan kampanye sosial dengan tajuk disebut #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube sebagai bagian dari serangkaian kegiatan dari Kementerian untuk menggalakan tema tahun ini, yaitu “Transformasi UMKM untuk Masa Depan.”
Untuk menerima bantuan ini, SMESCO akan memilih pemilik usaha yang dapat mengikuti lokakarya pelatihan UKM.
Pelatihan ini akan berlangsung hingga akhir tahun dimana peserta akan belajar mengenai pemasaran digital dan bagaimana mereka membuat aset digital untuk mengembangkan usahanya.
Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia mengatakan kalau Google telah melatih lebih dari 2 juta pemilik usaha di seluruh negeri semenjak 2017 lalu.
“Selaras dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses ke peluang yang sama dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka di online dan menemukan pelanggan baru,” ujar Randy.
Dalam survey Google, Randy juga menyebutkan sebanyak 75 persen peserta Gapura Digital dan Women Will yakin bahwa keterampilan pemasaran digital mereka menghasilkan keterlibatan pelanggan yang besar.
YouTube juga membawa peran penting bagi pertumbuhan bisnis UMKM dimana hal ini diakui oleh 73 persen bisnis kecil dalam survey tersebut.
Empat industri yang akan jadi fokus Google dan SMESCO dalam inisiatif terbaru ini adalah pariwisata, gaya hidup (F&B dan Fashion), media dan entertainment, juga dengan pengembang game dan aplikasi.
Dalam acara yang sama, YouTube dan Google menghadirkan beragam pelatihan mulai dari pelatihan seputar digital marketing hingga coaching clinic seputar pembuatan konten dari kreator YouTube ternama.