Google Doc Juga Kebagian Dark Mode, Begini Cara Pakainya

pada 4 tahun lalu - by

 

Uzone.id- Dark mode tak hanya menjadi fitur yang bisa dimiliki oleh sistem di smartphone atau laptop, tapi juga aplikasi. Google Doc salah satunya yang kini dilengkapi dengan dark mode.

Jika kamu paling sering menggunakan Google Docs di perangkat, khususnya smartphone, maka kamu pasti tertarik dengan fitur Dark Mode di aplikasi tersebut. Artinya saat menggunakan Docs, Sheets ataupun Slides, background smartphone bisa diubah menjadi warna hitam, dan tentunya menghemat baterai.

Dark mode dipercaya tidak hanya bisa menghemat baterai tapi juga membuat mata nyaman karena cahaya yang masuk ke mata tak terlalu terang dan menjadi beban. Google meluncurkan fitur dark mode secara bertahap untuk semua pengguna android.

Cara pakainya, bisa secara manual. Pertama pastikan dulu jika aplikasi Google milikmu sudah bisa mengakses dark mode. Di situ kami bisa menemukan pengaturan theme untuk setiap aplikasi, mulai dari Sheets, Docs dan Slides.

 

Pertama, buka salah satu aplikasi yang ingin digunakan. Lalu sentuh tombol Menu yang ada di ujung kiri atas layar. Ikon-nya berbentuk tiga garis horizontal.

Kedua, sentuh opsi Settings yang ada dalam daftar tersebut.

Lalu anda bisa memilih theme di sini. Ada theme Dark, Light atau System Default.

Memang seharusnya kita bisa memilih Dark untuk mengaktifkan mode gelap. Namun jika perangkat smartphone kamu sudah mengaktifkan Dark Mode secara keseluruhan, maka pilih saja 'System Default'. Ini artinya, aplikasi dokumen dari Google itu akan otomatis ikut menampilkan dark mode saat pengaturan di perangkat kamu sudah dark mode.

Selamat mencoba!