Google Kembalikan Tombol Clear All di Android P

pada 6 tahun lalu - by

Google menyebut bahwa tombol untuk membersihkan seluruh aplikasi yang sedang dibuka ('Clear All') akan kembali disediakan diAndroid P. Hal ini diklarifikasi oleh VP Engineering (Android) Google, David Burke.

Sebelumnya, banyak pihak yang memprotes ketika tampilan Android P versi beta pertama kali diperlihatkan minggu lalu pada gelaranGoogle I/O.

Sebab saat ketika tombol multitasking diketuk, tidak nampak fungsi untuk menghilangkan seluruh aplikasi yang baru saja dibuka. Hal ini tentu akan menyulitkan mereka yang ingin menghilangkan seluruh aplikasi yang tengah aktif tersebut.

Padahal fungsi untuk membersihkan semua aplikasi aktif ini sudah menjadi menu bawaan sejak Android Nougat.

Kesalahan persepsi yang sering terjadi adalah tombol 'Clear All' ini dilakukan agar kinerja ponsel bisa lebih cepat atau lebih mulus. Sebenarnya, bukan itu fungsi utamanya. Ini hanyalah cara termudah untuk menjaga menu aplikasi yang baru dibuka lebih tertata.

Sebab, seringkali pengguna Android membiarkan banyak aplikasi terbuka, namun hanya beberapa saja yang benar-benar sering digunakan. Maka, akan lebih menghemat waktu untuk menyingkirkan semua aplikasi yang terbuka itu dengan satu sentuhan saja.

Sebelumnya, tim pengembang berinisiatif untuk menyingkirkan tombol ini setelah mereka membuat antar muka baru di Android P. Antar muka baru itu membuat pengguna cukup menggulung layar ke samping untuk berpindah aplikasi.

Mereka mengira dengan cara ini pengguna tak perlu lagi menggunakan tombol 'Clear All' untuk membersihkan aplikasinya, demikian ditulisUbergizmo.

Berita Terkait