Google Pasang Doodle Perayaan Sumpah Pemuda

pada 8 tahun lalu - by


Google memasang doodle bertemakan Sumpah Pemuda, Jumat, 28 Oktober 2016. Hal ini berbarengan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari yang sama.

Doodle itu menggambarkan enam orang pria dan wanita dengan beragam pakaian adat sambil membawa bendera merah putih. Mulai dari pakaian adat Bali, Jawa, hingga Sunda ditampilkan. Tulisan Google berwarna putih, terpampang sebagai latar para pemuda itu.

Perayaan Sumpah Pemuda didasari pada keputusan Kongres Pemuda Kedua, yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Kota Batavia (Jakarta).

Keputusan ini kemudian menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Istilah Sumpah Pemuda tidak dibicarakan dalam kongres itu, namun disematkan setelahnya.

Google Indonesia rutin mengubah logo mereka sesuai dengan hari-hari besar. Saat perayaan hari kemerdekaan, mereka sketsa doodle tentang pengibar bendera Merah-Putih. Sedangkan saat perayaan hari Kartini, mereka memasang sketsa wajah Kartini sebagai doodle mereka.

EGI ADYATAMA

 

Berita Terkait: