Google Sindir Habis Apple, Tetap Saja iPhone 15 Pro Max yang Laku

pada 12 hari lalu - by

Uzone.id -Mau disindir seberapa seringnya pun, Apple tetap digdaya di pasarsmartphonedunia. Oleh Google misalnya, pada peluncuran Pixel 9 Series beberapa waktu lalu,Googlebeberapa kali sindir Apple, termasuk teknologi AI mereka, Apple Intelligence.

Dikutip dariThe Verge, ada momen Google mengejek Apple Intelligence dalam acara bertajuk ‘Made by Google’ yang diselenggarakan pada 13 Agustus lalu. 

Adalah President of Android Ecosystem, Sameer Samat yang mengatakan bahwa Gemini sudah mendukung 45 bahasa dan tersedia di lebih dari 200 negara. 

“Gemini tersedia di seluruh dunia saat ini, jauh melampaui penutur bahasa Inggris dan satu pasar,” ucap Samat, yang agaknya menyindirApple Intelligenceyang belum juga tersedia secara luas, dan hanya mendukung bahasa Inggris di Amerika Serikat saat dirilis pada Oktober nanti. 

 

 

Ia juga menyebut, Gemini dapat memproses tugas-tugas yang kompleks, serta terintegrasi dengan berbagai layanan Google. Contoh, menulis profil singkat menggunakan resume di Drive, tanpa perlu mengirimkannya ke aplikasi pihak ketiga.

"Gemini bisa menangani pertanyaan pribadi yang rumit seperti ini di cloud aman milik Google tanpa mengirimkan data pribadi kalian ke penyedia AI pihak ketiga yang mungkin kalian tidak tahu atau percaya," katanya.

Ucapannya seolah menyinggung Apple yang menggandeng OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT pada Siri. AI tersebut akan membantu Siri untuk menjawab berbagai macam pertanyaan pengguna, meski integrasi ini harus melalui izin pengguna terlebih dahulu.

 

 

Ejekan Google gak cukup itu saja. VP of Product Management Google, Brian Rakowski mengatakan, Google Pixel 9 Pro dan 9 Pro XL hanya pada ukuran layarnya. Sisanya, baik dari performa sampai kemampuan AI dan kamera, dibuat sama persis. 

"Keduanya memiliki display luar biasa yang sama, desain ramping, pengerjaan premium, kekuatan pemrosesan, dan kamera Pro Pixel yang sama," katanya.

Seolah, Google ingin mengatakan bahwa duo ponsel Apple, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max - meski sama-sama Pro, memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Versi Pro tak menawarkan kamera yang punya kemampuan 5xoptical-zoom, versi Pro juga membawa kapasitas yang lebih kecil dari Pro Max. 

Sindiran lainnya agakon-pointalias terang-terangan. Google membandingkan kualitas kamera Pixel 9 Pro XL dan iPhone 15 Pro Max. Google menampilkan hasil foto Pixel 9 Pro XL yang diambil menggunakan mode Panorama dengan fitur Night Sight, kemudian disandingkan dengan foto serupa yang diambil oleh iPhone 15 Pro Max. 

Sebetulnya, sindiran Google untuk Apple gak cuma saat acara-acara besar saja. Google bahkan punya program rutin bertajuk #BestPhoneEver yang ditayangkan di kalan YouTube Made by Google. 

Acara ini menampilkan iPhone yang kerapcurcoltidak memiliki fitur-fitur atau kecanggihan yang dimiliki oleh Google Pixel terbaru. Video-video tersebut mendapatkan banyak atensi dari penonton, meraup jutaan kaliviewsetiap kali Google mengunggahnya. 

 

 

Akan tetapi, sekeras apapun sindirannya, Apple tetap jadi raja di pasarsmartphonedunia. Berdasarkan data Counterpoint Research pada Q2-2024, trio iPhone 15, 15 Pro Max, dan 15 Pro menjadi tiga ponsel paling laku di dunia.

Sementara Google? Bahkan Pixel Series saja tidak masuk dalam top 10 ponsel paling laku sedunia. Meski, produk Google, yakni Android diwakilkan oleh Samsung dan Xiaomi yang masuk ke dalam daftar HP paling laris di dunia per Q2-2024 versi Counterpoint Research.