Google Terguncang, Giliran Karyawan YouTube yang Kena PHK

18 January 2024 - by

Uzone.id – Januari belum usai, tapi Google sudah melakukan PHK karyawan sebanyak tiga kali. YouTube jadi divisi Google selanjutnya yang terkena pemangkasan karyawan, menyusul tim iklan, Google Assistant dan Fitbit.

Advertising
Advertising

Pemangkasan ini diumumkan secara internal oleh Chief Business Officer Google, Mary Ellen Coe yang bertugas mengawasi ribuan karyawan di divisi operasi bisnis, kemitraan dan perikanan.

Melansir dari The Verge, pemangkasan karyawan ini berdampak pada seratus posisi di tim kemitraan konten kreator. 

 

Baca Juga :

Google dan Discord Kompak PHK Karyawan di Awal Tahun
 

 

Selain melakukan pemangkasan karyawan, YouTube juga dilaporkan sedang mereorganisasi tim musik dan tim dukungan lainnya.

Bagi pihak yang terdampak PHK ini, Google memberikan waktu untuk melamar posisi lain di perusahaan, tapi walaupun melamar, Google tak menjamin mereka akan mendapat tersebut.

Bagi yang tidak berhasil mendapat posisi tersebut, Google pun akan memberikan pesangon sesuai dengan undang-undang dan aturan perusahaan yang berlaku.

Satu hari sebelum pengumuman ini disampaikan, Google sudah lebih dulu melakukan PHK pada karyawan yang bekerja di tim sales yang menangani iklan perusahaan.

“Beberapa ratus posisi secara global telah dihilangkan dan karyawan yang terkena dampak bisa melamar ke posisi terbuka di tim atau di divisi lain di Google," kata perusahaan, dikutip dari Engadget, Rabu (17/01).

Google sendiri memiliki sekitar 30 ribu lebih karyawan di tim sales yang tersebar di seluruh dunia. Google enggan menyebut berapa banyak karyawan yang di-PHK di divisi ini dan karyawan negara mana saja yang terdampak, namun beberapa menyebut kalau angka tersebut mencapai ratusan.

 

Baca Juga :

Lazada PHK Karyawan Lagi, Siapa Saja yang Terdampak?
 

 

Di awal Januari kemarin, Google juga telah memangkas ‘beberapa ratus’ karyawan mereka di beberapa divisi, termasuk para teknisi dan divisi Google Assistant serta Fitbit.

Selain melakukan PHK, Google juga dilaporkan telah mengubah tim perangkat dan layanan yang bertanggung jawab pada produk seperti Pixel, Nest, dan Fitbit. Perubahan ini juga membuat co-founder Fitbit yaitu James Park dan Eric Friedman undur diri dari Google bersama dengan atasan Fitbit lainnya.

Google bukan satu-satunya yang melakukan PHK di awal Januari ini, Amazon, Discord, Twitch, Lazada hingga startup lokal Flip juga melakukan pemangkasan karyawan agar terus bertahan di kondisi ekonomi global yang masih belum stabil ini.