Grab Rilis Fitur untuk Permudah Wisatawan Kenali Lokasi Penjemputan

pada 5 tahun lalu - by

Penyedia layananon-demand Grabmeluncurkan fitur bernama Venues. Salah satu alasan peluncuranfiturini yaitu untuk mempermudah pengguna menemukanlokasi penjemputan, ketika bepergian ke daerah atau negara lain.

Program Manager Maps at Grab Nagur Hasan Mohammad mengatakan bahwa pengguna kerap kesulitan menemukan titik penjemputan meski sudah menggunakan sistem navigasi berbasis satelit atauGlobal Positioning System(GPS). Utamanya, kesulitan ini dirasakan ketika pengguna berada di daerah atau negara lain.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Grab merilis fitur Venues. “Fitur ini memberi petunjuk gambar yang menonjol seperti pertokoan,” kata dia saat konferensi pers di Lippo Mall Puri, Jakarta, Selasa (2/4).

(Baca:Grab Rekrut 90 Orang untuk Kembangkan Teknologi Titik Penjemputan)

Gambar yang ditampilkan lewat fitur tersebut diharapkan bisa memudahkan pengguna menuju lokasi penjemputan. Saat ini, Grab sudah mengumpulkan 3.400 gambar di lebih dari 1.900 titik penjemputan selama tiga ribu jam.

Dengan begitu, Nagur berharap pelayanan berbagi tumpangan (ride-hailing) menjadi lebih mudah dan cepat. “Ini menjadi hal yang baik, karena waktu yang dihabiskan mitra pengemudi untuk menunggu pelanggan yang datang ke lokasi penjemputan menjadi lebih singkat,” ujar dia.

(Baca:Luncurkan Aplikasi di Singapura, Gojek Contek Peta Grab?)

Grab pun sudah menguji fitur ini di Indonesia. Berdasarkan percobaan tersebut, Grab mencatat Venus bisa mengurangi waktu dan jarak tempuh yang dilalui penumpang untuk menuju lokasi penjemputan hingga 40 %.

Nagur menyampaikan, gambar yang diperoleh akan divalidasi oleh tim khusus perusahaan. Validasi ini bertujuan supaya gambar yang memuat objek orang, plat nomor kendaraan, dan lainnya yang bersifat privasi bisa dikaburkan. Dengan begitu, layanan ini tidak melanggar privasi.

Pengguna juga bisa melaporkan perubahan titik penjemputan lewat fitur ini. Sekalipun berubah, fitur ini tetap bisa memberi petunjuk jalan kepada pengguna untuk menuju lokasi penjemputan yang baru.

(Baca:Sekarang Pesan Go-Jek Bisa Melalui Asisten Google)

Head of Map Ops for Indonesia at Grab Ariek Wibisono menambahkan, fitur Venues ini membantu mitra penumpang asing atau wisatawan yang baru datang ke suatu daerah. Sebab, pengguna  tipe ini  biasanya tidak mengenali titik penjemputan di daerah yang baru ia datangi. “Gambar dan tata bahasa yang digunakan dalam fitur kami buat akurat untuk menentukan arah yang tepat,” ujarnya.

Untuk itu, Grab melalui tim Maps Ops for Indonesia terlibat dalam proses kurasi petunjuk lokasi penjemputan dalam fitur Venues. Setidaknya ada tim dengan 140 anggota yang turut mencari, mengumpulkan hingga verifikasi data mengenai titik penjemputan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

(Baca:Dari Peta hingga Terjemahan, Google Turut Dukung Asian Games 2018)

Rencananya, fitur ini bakal dirilis di Jabodetabek pada bulan ini. Lalu, fitur ini baru akan tersedia di kota-kota besar seperti Bandung dan Medan pada Juli. Fitur ini pun hanya bisa digunakan maksimal di titik penjemputan di lokasi strategis, seperti bandara, pusat perbelanjaan besar, terminial bus, stasiun kereta hingga stadiun.

Secara keseluruhan, Grab memiliki 600 titik penjemputan di Asia Tenggara. Setengah di antaranya berada di Indonesia. Grab menargetkan, lebih dari 10 ribu titik penjemputan di Asia Tenggara bisa menggunakan fitur Venues ini.