Habibie Terkenang Ainun Saat Tonton Jilbab Traveler

pada 8 tahun lalu - by
|

Bacharuddin Jusuf Habibie mengaku terkenang kisah cintanya sendiri saat menonton film Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea. Presiden Republik Indonesia ketiga itu teringat almarhumah istri, Hasri Ainun Besari.

"Kalau kisah cintanya begitu, jelas dong. Masak nggak ada, saya manusia biasa lho," ujar Habibie sambil tergelak usai nonton bareng film tersebut di XXI Kota Kasablanka, Selasa (19/7).

Film yang diangkat dari novel karya Asma Nadia itu mengisahkan cerita cinta unik yang berlatar dua negara berbeda. Ketiga tokohnya yakni Rania Timur Samudra (Bunga Citra Lestari), Ilhan Gandari (Giring Ganesha), dan Hyun Geun (Morgan Oey) berasal dari Indonesia dan Korea Selatan.

Tak hanya romansa, menurut Habibie ada banyak nilai inspiratif yang bisa dipetik dari film tersebut. Dua budaya berbeda, yakni Korea dan Indonesia bisa disinergikan secara positif dengan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Keindahan alam dalam film besutan sutradara Guntur Soeharjanto itu juga tidak luput dari perhatian Habibie. Menurutnya, para sineas menampilkan dengan apik panorama alam di Korsel maupun Indonesia.

Habibie mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam film, mulai dari pemain, sutradara, produser, hingga penulisnya. Meski tidak sepenuhnya kisah nyata, menurut Habibie cerita dalam film Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea dengan cermat menghadirkan elemen-elemen positif.

"Saya ucapkan selamat kepada pelaku-pelakunya, semua cucu intelektual Eyang," kata pria 80 tahun itu.

BERITA TERKAIT