Hacker Retas Printer di Seluruh Dunia untuk Bantu PewDiePie

pada 5 tahun lalu - by

Baru-baru ini, netizen dihebohkan oleh aksihackerretas ratusan ribu printer di seluruh dunia, dan memerintahkan mereka untukbantu PewDiePie,channeldengan jumlahsubscriberterbanyak di YouTube. Sebagian besar dari mereka mengunggah aksihackertersebut di Twitter.

Netizen Twitter membagikan foto selebaran yang dicetak dari printer tanpa sepengetahuan mereka.

Selebaran itu mengatakan bahwa PewDiePie membutuhkan bantuan sertasubscribetambahan agar posisi PewDiePie sebagaichannelYouTube dengansubscriberterbanyak tidaktergusur olehchannelasal India, T-Series.

Menariknya, di akhir selebaran tersebut muncul kode ASCII yang membentuk logobrofist, sebuah gerakan yang dipopulerkan oleh pria dengan nama asli Felix Kjellberg itu.

“PewDiePie,channelpaling banyaksubscriberdi YouTube saat ini, berada dalam posisi bahaya gara-garachannelperusahaan India bernama T-Series yang hanyamengunggah videotrailerdan kampanye Bollywood,” tulishackeritu, yang kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah untuk “membantu” PewDiePie.

DilansirTelset.iddariThe Verge, Sabtu (01/12/2018), seoranghacker mengaku bertanggung jawab atas aksi besar-besaran yang mempengaruhi 50.000 dari 800.000 printer yang siap untuk diretas. Menurut tweet@TheHackerGiraffe, aksi itu adalah cara mereka untuk meningkatkan netizen dunia soal keamanan printer.

Hackertersebut mengatakan, iamendapatkan ide untuk meretasprinter di seluruh dunia ketika mengakses situs pencarian khusus keamanan, Shodan.io. Dengan dibantu oleh protokol bernama PRET, atau sistem yang mampu memanipulasi printer,hackeritu akhirnya dapat mengetahui ratusan ribuportprinter di seluruh dunia.

“Orang-orang meremehkan betapa mudahnya seoranghackerjahat menggunakan kerentanan seperti ini untuk meynebabkan kerusakan besar.Hackerdapat mencurifile, memasangmalware, dan menyebabkan kerusakan fisik pada printer,” kata TheHackerGiraffe.

“Bagian yang paling mengerikan adalah, saya tidak pernah mempertimbangkan peretasan printer sebelumnya. Seluruh proses belajar, mengunduh, dan pembuatan skrip tidak lebih dari 30 menit,” jelasnya. (FHP)

ArtikelHacker Retas Printer di Seluruh Dunia untuk Bantu PewDiePiedan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.