Hampir 50 Persen Penjualan Mobil Suzuki Dikuasai Versi Hybrid

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id -Seiring dengan perkembangan teknologi di industri otomotif, masyarakat saat ini mulai beralih pada kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan hybrid.

Respon tersebut dapat dilihat dari catatan penjualan kendaraan roda empat Suzuki bulan September 2023 di kategori mobil penumpang yang 42 persen diantaranya merupakan varianhybrid, atau hampir setengah dari keseluruhan mobil penumpang Suzuki yang dibeli oleh konsumen selama September 2023.

 

 

Pencapaian positif ini menjadi bukti nyata dari tingginya kesadaran masyarakat yang mulai beralih menggunakan kendaraan yang mampu berkontribusi positif pada lingkungan sekitar, serta bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Randy R Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS, mengungkapkan bahwa masyarakat saat ini sudah mulai memilih kendaraan hybrid yang dianggap punya banyak keuntungan dan dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari. 

“Efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Dan banyak pula masyarakat yang tertarik dengan cara kerja dari teknologi SHVS yang tangguh untuk menopang aktivitas sehari-hari konsumen,” tutur Randy dalam keterangan resminya.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) mencatat bahwa kategori mobil penumpang Suzuki menyumbang 50 persen dari total penjualan ritel di bulan September 2023.

Saat ini, Suzuki memiliki 8 model kendaraan di segmen mobil penumpang dan 3 diantaranya memiliki pilihan varianhybrid.

Jika dibedah lebih lanjut per varian, masing-masing dari 3 model kendaraan Suzuki tersebut juga didominasi oleh varian hybrid-nya.

Dari total penjualan All New Ertiga secara keseluruhan, All New Ertiga varian hybridmampu berkontribusi sebesar 59 persen, New XL7 Hybrid sebesar 61% dari penjualan New XL7, dan Grand Vitara yang seluruhnya sudah bertipe hybrid.

Capaian penjualan menarik ditorehkan oleh Grand Vitara setelah SUV ini unjuk kebolehan dengan peningkatan penjualan sebesar 15persen jika dibandingkan dengan Agustus 2023.

Nama Grand Vitara yang telah lama dikenal dalam sejarah SUV Suzuki ini kini telah menggunakan teknologi SHVS serta tampil dengan desain baru pada bagian eksterior dan interiornya yang menambah kesansporty-modern.

Pada sisi mesin, Grand Vitara memiliki mesin K15C Dual Jet yang dipadukan dengan SHVS, sehingga semakin ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

 

 

Grand Vitara juga telah dilengkapi dengan fitur yang mewah seperti Panoramic SunroofCruise Control, Head-Up Display (HUD), Smartphone Wireless Charging, LED Projector Headlamp beserta Auto Guide Me Light, 360 Camera, serta Auto Dimming Center Mirror.

Menelik porsi penjualan kendaraan hybridSuzuki, antara yang diproduksi di dalam negeri maupun impor, 87 persen diantaranya merupakan hasil rakitan lokal yang dikerjakan di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.

Tingginya porsi dan kontribusi tersebut turut menjadi optimisme tersendiri bagi Suzuki karena mobil hybrid Suzuki buatan Indonesia semakin dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat, sekaligus menumbuhkan industri otomotif Indonesia secara lebih baik.