Hands-on AI Phone Oppo yang Bakal Debut di RI, Reno12 dan Reno12 Pro

pada 2 hari lalu - by

Uzone.id -Oppo Reno yang baru segera hadir di Indonesia, tepatnya pada 31 Juli mendatang. Sejauh ini ada dua seri yang dikonfirmasi masuk ke pasaran, yakniOppo Reno12 5Gdan Reno12 Pro 5G.

TimUzone.idberkesempatan mencoba keduanya sebelum peluncuran resminya nanti. Impresi awal kami, kedua ponsel ini menyimpan banyak potensi berkat kehadiran serangkaian inovasi baru yang disematkan Oppo, terutama soal kecerdasan buatan atauAI.

AI jadi fitur utama yang disuguhkan keduanya -sepertismartphoneAndroid kebanyakan. Bahkan dalam dus pembeliannya saja ada tulisan ‘Oppo AI Phone’. Tapi sebelum membahas tentang fitur-fitur AI ponsel ini, sedikit kami akan mengulik tentang desain baru yang diusung keduanya.

Jujur, desain jadi salah satu hal yang kami suka dari Oppo Reno12 dan Reno12 Pro 5G. Desainnya gak lagi lebay seperti dua generasi sebelumnya yang tampilkan bentuk bingkai kamera lonjong dan terlihat rumit.

Kini, Reno yang baru tampilkan desain lebih elegan. Susunan kameranya ‘kembali normal’, berbentuk persegi panjang dengan tiga lingkaran kamera dan satu LED flash yang hadir di sana. Sekilas, desainnya mirip-mirip Oppo Reno4 dan Reno5, ketika Oppo menerapkan gayasleekdan ramping pada Reno Series.

Keduanya tampilkan beberapa opsi warna. Oppo Reno12 5G memiliki warna Matte Brown dan Astro Silver, sedangkan versi Pro Space Brown dan Nebula Silver. Kecuali warna gelap, Oppo menerapkan desain Fluid Ripple, memberikan efek gradasi warna seperti air mengalir ketika bodi belakang terkena sinar matahari atau cahaya lampu.

Sedangkan untuk warna Matte Brown dan Space Brown, keduanya hadirkan teksturmatteyang bikin nyaman saat digenggam. Menariknya pada Space Brown, Oppo menerapkandual tone color, dimana bagian bawahnya dibuat agakglossy

Keduanya punyaform factoryang ringan. Model reguler hanya seberat 177 gram, sementara model Pro cukup 180 gram saja. Jangan skeptis soal ketahanannya gegara bodinya yang ringan, karena Oppo merancang keduanya amatdurable.

Saking kuatnya, digunakan sebagai ‘palu dadakan’ sampai digilas sepeda pun aman. Oppo Reno12 dan Reno12 Pro diperkuat oleh All-around Armour menjamin kekuatan rangkasmartphoneini, baik sisi atas dan bawah, maupun sisi kiri dan kanan. 

Rangka ponsel ini berbahan dasar magnesium, tembaga, dan logam yang lebih tahan banting. Dan menariknya, Oppo menyematkan Sponge Bionic untuk melindungi komponen di bagian dalam. Alhasil, ponsel ini tahan terhadap benturan alias tahan banting.

Keduanya pun sudah mengantongi rating IP65 yang berarti tahan terhadap semprotan air bertekanan rendah dan terpaan debu. Klaimnya Oppo, keduanya tahan disemburwater jetselama 3 menit dan hujan selama 60 menit.

Belum cukup, layar Oppo Reno12 Pro sudah diberikan lapisan kaca Gorilla Glass Victus 2, sedangkan Oppo Reno12 dilindungi Gorilla Glass Victus 7i.

Berlimpah fitur AI

Diplot sebagai ‘Oppo AI Phone’, wajar rasanya bila banyak fitur-fitur berbasis AI yang dihadirkan pada Reno12 dan Reno12 Pro. Fitur AI ini gak cuma untuk editing gambar saja, yang berkaitan dengan urusan pekerjaan pun disuguhkan keduanya.

Oppo Reno12 dan Reno12 Pro punya fitur AI Eraser 2.0, versi terbaru yang lebih canggih. Kini ada tiga opsi penghapusan objek yang tersedia, Smart Lasso, Paint Over, dan Remove People. Untuk fitur terakhir, AI dapat mendeteksi dan menghapus orang-orang yang mengganggu di latar belakang foto secara otomatis.

Buat kalian yang suka foto grup, ada AI Clear Face dan AI Best Face. Kedua fitur ini berbasis AI-generated content (AIGC) yang fungsinya untuk menyempurnakan hasil foto. 

AI Clear Face cocok digunakan padagroup photoyang hasilnya agak buram, lantaran bisa mempertajam detail pada wajah, termasuk kontur, rambut, dan alis pada foto yang berisikan maksimal 10 orang. Fitur ini hanya aktif ketika menggunakan kamera selfie saja.

Sedangkan AI Best Face berfungsi untuk memperbaiki objek yang kurang pas saat diambil menggunakan kamera depan atau belakang. Fitur ini akan secara otomatis memperbaiki mata yang berkedip dan membuka mata subjek yang sedang tertutup. 

Ada lagi AI Studio, bentuknya aplikasi. Aplikasi ini juga berbasis AIGC, dimana pengguna dapat membuat avatar 3D berdasarkan foto yang diambil sebelumnya. Lalu Smart Matting, bikin stiker WhatsApp dari gambar orang-orang terdekat jadi sangat mudah.

Fitur AI berikutnya berkaitan dengan pekerjaan. AI Toolbox, teknologi berbasis Google Gemini yang mampu mengenali apapun yang dilakukan pengguna, kemudian merekomendasikan fitur AI yang sesuai bagi mereka.

Ada tiga fitur, AI Writer, AI Summary, dan AI Speak. Berbekal teknologilarge language model(LLM), AI Writer mampu menulis kembali catatan yang dibuat pengguna, cocok digunakan saat ingin membuat caption atau mengirimkan email secara detail.

Lalu AI Summary yang dapat merangkum isi catatan maupun artikel yang dibaca pengguna secara online. Dan AI Speak, yang membacakan ulang tulisan yang disorot oleh pengguna. Hanya saja, saat ini baru tiga bahasa yang didukung AI Toolbox, yakni India, 

Bukan fitur AI, tapi fitur ini jadi salah satu inovasi paling menarik di Oppo Reno12 dan Reno12 Pro, yakni BeaconLink. Singkatnya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menelpon sesama pengguna Reno12 Series tanpa pulsa atau kuota data, hanya mengandalkan transmisi Bluetooth BR/EDR dengan jarak maksimal 200 meter.

Bagaimana speknya?

Oppo belum mengungkap spesifikasi lengkap dari Oppo Reno12 dan Reno12 Pro. Harusnyasih, spesifikasi di Indonesia tak jauh berbeda dengan versi global.

Dari situs resmi Oppo Global, Oppo Reno12 dan Reno12 Pro ditenagai prosesor hemat energi yang dirancang eksklusif oleh MediaTek dan Oppo, yakni MediaTek Dimensity 7300-Energy.

Prosesor ini dilengkapi RAM LPDDR4X 12 GB dengan memori penyimpanan UFS 3.1 sampai 512 GB untuk keduanya. Oppo Reno12 dan Reno12 Pro sudah disokong oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang pengecasannya dibantu 80W SuperVOOC.

Keduanya mengusung layar OLED seluas 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz. Oppo Reno12 punya lengkungan pada sisi kiri dan kanannya, sedangkan versi Pro lebih menggunakan kaca 2,5D dengan efek lengkungan di setiap sisinya.

Resolusi keduanya masih standar Full HD+, meski sudah mendukung HDR10+ dengan intensitas cahaya mencapai 1.200 nits.

Oppo Reno12 dan Reno12 Pro punya keunggulan pada sektor kamera. Keduanya memiliki kamera utama 50 MP dengan sensor Sony LYT-600 dengan dukunganoptical image stabilization(OIS), kemudian kamera ultrawide 8 MP. 

Bedanya, versi standar tak memiliki kamera telephoto dan hanya makro 2 MP saja. Sementara versi Pro, dibekali kamera telephoto 50 MP dengan sensor Samsung JN5. Keduanya hadirkan kamera selfie 32 MP yang mendukung autofocus.