Hands-on Asus TUF Gaming A15 2024, Rilis Bulan Depan di Indonesia

23 February 2024 - by

Uzone.id - Kalian lagi mengincar laptop gaming dengan harga yang gak bikin dompet jebol? Sabar, karena pada 14 Maret mendatang, Asus akan meluncurkan TUF Gaming A15 edisi tahun 2024 dengan perubahan desain dan peningkatan spesifikasi yang kian mumpuni.

Desainnya berubah total, cenderung lebih kokoh tanpa garis diagonal seperti seri tahun lalu. Desain laptop ini kebanyakan berunsur mecha, genre anime yang terpusat pada robot atau mesin raksasa yang dikendalikan oleh manusia di dalamnya.

Advertising
Advertising

Seperti bagian belakang, logo TUF Gaming dibuat emboss atau timbul, memberikan kesan bahwa laptop ini adalah perangkat gaming yang tangguh. Apalagi, Asus TUF Gaming A15 sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H setelah melalui berbagai tes ketahanan khas militer Amerika Serikat (AS).

Area keyboard-nya luas alias full-size dengan numpad pada sisi kanannya, plus dilengkapi Mini-LED RGB yang bisa diatur efek lampu dan warnanya via aplikasi Armoury Crate. Jarak antar tombolnya juga cukup lebar, belum lagi touchpad yang disebut Asus sebagai ‘Titanic Touchpad’.

Bagian layar, laptop ini mengusung layar seluas 15,6 inci beresolusi Full HD dan sudah mendukung refresh rate 144Hz. Rasio layar terhadap bodinya mencapai 80 persen, memberikan experience yang terasa lapang bagi gamer ataupun kreator konten.

Yang menarik adalah dapur pacunya. Asus TUF Gaming A15 keluaran tahun 2024 ditenagai prosesor hingga AMD Ryzen 8945H yang telah mendukung Ryzen AI. 

Chipset tersebut dikombinasikan dengan GPU powerful sampai Nvidia GeForce RTX 40 Series, RAM DDR5-5600 MHz dual-channel, dan ruang penyimpanan up to 2 TB berjenis SSD PCIe 4.0.

Bicara ketersediaan port, lengkap kok. Ada jack audio 3,5 mm, port HDMi 2.1, 2x USB-A 3.2 Gen 1, 1x USB-C 3.2 Gen 2 yang mendukung DisplayPort dan power delivery, RJ45, serta 1x USB-C 4 yang mendukung DisplayPort.

Asus belum membeberkan berapa harga Asus TUF Gaming A15. Kalau kata Country Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, harga resminya akan diumumkan pada 14 Maret mendatang.

Harusnya sih bakal lebih terjangkau ketimbang laptop Asus ROG lainnya. Sebagai contoh Asus TUF Gaming A15 generasi sebelumnya yang dibanderol mulai Rp12 jutaan.