Hapus Postingan Lama di Kaskus, Bagaimana Caranya?

pada dalam 39 menit - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Kaskus, platform komunitas dan diskusi yang sudah ada semenjak tahun 2000-an kini kembali jadi sorotan, bahkan jadi perhatian banyak pihak—termasuk pemerintah.

Kaskus saat ini sedang ramai jadi pembicaraan berkat cuitan sebuah akun misterius bernama ‘Fufufafa’ yang menimbulkan banyak spekulasi. Lagi-lagi, ini tentang ‘jejak digital’.

Postingan lama akun tersebut banyak menjadi perhatian warga Indonesia, alasannya? Karena bahasa yang tidakappropriatedan bahkan berisi postingan bernada pelecehan terhadap beberapa pihak. 

 

 

Sayang, pelakunya sampai sekarang masih belum jelas. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika pun ikut turun tangan mencari siapa yang ada dibalik akun tersebut.The power of akun Fufufafa.

“Kita nggak tau, tunggu lagi. Tunggu aja entar ada waktunya untuk kita (beberkan)," pungkasnya kepada awak media, Rabu, (11/09) lalu.

Saat ini, akun tersebut diketahui sudah mulai menghapus cuitan-cuitan lamanya. Tercatat ada sekitar 2100 postingan yang telah berhasil dilenyapkan dari platform Kaskus.

Jejak digital memang menyeramkan, kita pun tentu punya jejak digital masing-masing, apalagi di forum diskusi seperti Kaskus yang bisa menyembunyikan pemilik sebenarnya. 

Nah untuk jaga-jaga jika nanti jadi publik figure, simak cara untuk menghapus postingan lama di Kaskus berikut ini.

Cara hapus postingan lama di Kaskus

Perlu diingat kalau Kaskus berbeda dengan X atau platform media sosial yang menyediakan opsi hapus. Kaskus tidak menghadirkan opsi hapus postingan karena mereka adalah platform diskusi sehingga setiap postingan bisa digunakan untuk bahan diskusi dan referensi bagi pengguna lain.

Meski sulit dan tidak ada opsi hapus, bukan berarti tidak ada cara untuk menghapus postingan yang sudah terlanjur dikirim. Ada 2 opsi yang bisa kalian pilih.

Pertama, ajukan penghapusan konten pada moderator. Kalian bisa menghubungi moderator di forum Kaskus dan menjelaskan alasan kenapa kamu ingin menghapus postingan tersebut.

 

 

Kedua, laporan pada Kaskus Support. Kalian bisa menghubungi tim Kaskus Support jika tidak mendapat respon dari moderator. 

Cara hapus keseluruhan jejak digital di Kaskus

Satu-satunya cara untuk menghapus keseluruhan jejak digital di Kaskus adalah dengan menghapus akun Kaskus kalian. Yang paling penting, kalian harus ingat login akses ke akun tersebut.

Jika tidak, kalian bisa mengganti password akun dengan mengajukan opsi ‘lupa password’ pada akun email yang digunakan. Setelah kembali mendapat akses ke akun Kaskus, kalian bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Masuk ke akun Kaskus kalian
  2. Buka menu 'Pengaturan Akun'
  3. Scroll ke bagian bawah dan pilih menu 'Penghapusan Akun'
  4. Isi alasan ingin menghapus akun Kaskus
  5. Masukkan kata sandi di kolom yang disediakan
  6. Centang pernyataan 'Saya telah memahami Syarat dan Ketentuan berlaku'
  7. Lalu pilih 'Hapus Akun' untuk menghilangkan akun secara permanen

Cara ini cukup efektif dan cepat untuk menghapus jejak digital di forum diskusi tersebut. Tapi perlu diketahui, meski sudah dihapus tapi jejak digital tetap digital, mereka akan selalu ada di ruang digital, apalagi tak sedikit yang sudah mengarsipkannya di platform lain atau di perangkat pribadi.