Harap Sabar Menunggu iPhone 16 Series Masuk Indonesia

pada 21 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Harus lebih sabar menantiiPhone 16 Seriesdijual di Indonesia. Sebab, sampai sekarang belum ada tanda-tanda sahih (dari pemerintah) yang memastikan kuartet penerus iPhone 15 Series ini akan dijual di tanah air.

Info saja, ada dua syarat wajib yang wajib dipenuhi vendor sebelum memasarkan perangkat telekomunikasinya di Indonesia, yakni sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan setelah itu barulah diuji oleh Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sayangnya, dari pantauan timUzone.idper hari ini (10/1), belum tampak sertifikasi yang merujuk padaiPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, maupun 16 Pro Max dalam situs TKDN Kemenperin dan juga e-Sertifikasi Ditjen SDPPI Kominfo. 

Lalu, apakah iPhone 16 Series tak bakal dijual secara resmi di Indonesia? Rasanyasihtidak mungkin Apple (atau distributornya) melewatkan Indonesia untuk menjual iPhone 16 Series.

Ada beberapa alasannya. Pertama, medsos resmi Erafone @erafonestores sudah postingteaserbeberapa waktu lalu yang memastikan iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max akan dijual di Indonesia. Meski memang, tak disebutkan kapan pastinyasmartphonetersebut akan tersedia secara online maupun offline.

Alasan kedua, Apple sudahnoticepentingnya market Indonesia. Saking pentingnya,big bossmereka, Tim Cook bahkan sudah menyambangi Indonesia pada pertengahan April lalu.

Dan sebulan setelahnya - dalam laporan keuangan perusahaan kuartal kedua tahun fiskal 2024, Cook menyebut perusahaan telah meraih rekor pendapatan di beberapa negara, termasuk di Indonesia. 

Dan alasan ketiga, timUzone,idjadi media teknologi pertama dari Indonesia yang diundang ke sana. Ngapain jugakan, sudah undang kami untuk rasakanvibes-nya Apple Campus danhands-onlangsung iPhone 16 Series di sana, tapi tiba-tiba tak jadi dijual resmi di Indonesia?

Prediksi kami, kemungkinan terbesarnya adalah peluncurannya yang molor dari kebiasaan. Ambil contoh seri tahun lalu - iPhone 15 Series. 

Semua seri mendapatkan sertifikasi TKDN pada 26 September 2023, dan muncul dalam database e-Sertifikasi pada 4, 5, dan 6 Oktober 2023. Setelah itu, barulah Erafone membuka keranpre-orderpada 20 Oktober 2023, dimana penjualan perdananya diadakan 7 hari setelahnya. 

Itu artinya, butuh waktu setidaknya sebulan dari terbitnya sertifikasi TKDN hingga iPhone generasi terbaru resmi dijajakan di pasaran online dan offline. 

Melihattimelinetersebut, bakal sulit bagi iPhone 16 Series untuk dirilis bulan Oktober ini di Indonesia. Kalau semua proses pengajuan sertifikasi, pengujian, hingga terbitnya sertifikasi berjalan lancar, paling telat banget kuartet iPhone 16 Series akan tersedia pada Desember tahun ini. Semoga saja.