Harga Baterai Motor Listrik Polytron Ternyata Setara Honda BeAT

pada 5 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id - Polytron menjadi salah satu merek motor listrik yang menawarkan baterai sistem sewa. Dengan demikian, konsumen yang membeli motor listrik Polytron tidak dikenakan harga baterai yang bisa setengah dari harga motor. Meskipun demikian, kira-kira berapa ya harga baterai motor listrik Polytron jika diuangkan?

Polytronmenawarkan skema sewabateraiuntuk semua konsumen yang membeli produk motor listriknya. Artinya pelanggan Polytron perlu membayar uang sewa baterai sekitar Rp125 ribu sampai Rp200 ribu per bulan, tergantungmotor listrikapa yang digunakan.

Tak heran, dengan sistem tersebut, Polytron bisa menjual motor listriknya dengan banderol yang cukup murah dibandingkan para kompetitor sekelasnya. Pihak konsumen pun tidak perlu khawatir soal penggunaan abterai, karena jika kesehatan baterai menurun maka bisa diganti dengan yang baru secara gratis.

Nah mengenai baterai yang digunakan oleh motor listrik Polytron, mengandalkan jenis Lithium Ferro Phosphate (LFP) yang diklaim lebih aman dibandingkan baterai jenis lain. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ilman Fachrian Fadly selaku Head of Product EV Polytron.

"Dari development awal, salah satu alasan kenapa kita menggunakan baterai LFP, kalau amit-amit baterai mengalami kendala, tidak menimbulkan api. Tapi sejauh ini, tidak ada kejadian tersebut di produk kita," ujar Ilman di Jakarta, Rabu (18/9).

Ilman berpendapat, baterai LFP memiliki keunggulan dibandingkan baterai jenis lain seperti Nickel Manganese Cobalt (NMC) dan SLA.

 

 

"Masing-masing baterai memang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tapi, LFP sendiri tidak menimbulkan api. Mungkin kelemahannya hanya fisiknya lebih besar dibandingkan SLA ataupun NMC," ungkapnya.

"Kita sudah melakukan research, (LFP) paling aman. karena kita pakai skema sewa baterai, kita juga enggak concern masalah fisik yang besar. Kita enggak butuh yang ringkas, yang gampang dibongkar, enggak butuh yang portable. Jadi, LFP merupakan pilihan yang tepat," lanjut Ilman.

Ilman pun mengungkapkan, jika baterai motor listrik Polytron diuangkan, maka harganya bisa mencapai satu buah motor Honda BeAT. Harga tersebut berlaku untuk semua jenis motor listrik Polytron yang saat ini dijual.

 

 

"Untuk baterai sendiri jika diuangkan itu seharga Rp17,5 juta. Semua varian motor listrik Polytron harga baterainya segitu," pungkasnya.

Saat ini Polytron termasuk merek motor listrik yang baru terjun ke industri otomotif. Meski demikian, merek asal Kudus, Jawa Tengah ini sudah memiliki 3 produk yang dijual secara retail yakni Fox-R, Fox-S, dan Fox 500.

Diberitakan sebelumnya, Polytron juga sudah menjual lebih dari 20 ribu motor listrik selama tahun 2024 ini. Jika melihat angka subsidi yang berkisar di 60 ribu unit, artinya Polytron sudah mengambil pangsa pasar sekitar 30 persen.