Harga Suzuki Burgman Street 125 EX di RI Kok Lebih Murah Rp8 Juta?

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id- Suzuki Burgman Street 125 EX secara resmi telah dipasarkan di Indonesia. Motor ini meluncur dalam pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten beberapa hari lalu.

Uniknya, Suzuki Burgman Street 125 EX di Indonesia dibanderol dengan harga Rp24 jutaan. Harga tersebut lebih murah daripada Malaysia yang dijual Rp32 jutaan.

Padahal secara produk, baik di Indonesia maupun Malaysia, sama-sama produk impor utuh alias Completely Built Up (CBU) dari India. Lantas apa alasannya di pasar Indonesia bisa lebih murah?

M. Razwankaizar selaku Section Head Domestic Sales & Digital Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan pabrikan di setiap negara memiliki strategi masing-masing. Menurutnya harga Rp24 juta untuk Burgman Street 125 EX sudah disesuaikan dengan konsumen tanah air, sehingga terdapat perbedaan harga.

"Setiap wilayah punya strategi harga beda-beda ya. Kita juga lihat segmen marketnya bagaimana, selain itu juga kompetitor dan sebagainya. Pokoknya pertimbangannya banyak," ujar Razwan ketika ditemui awak media.

Razwan juga menjelaskan, alasan Suzuki Burgman Street 125 EX meluncur di Indonesia karena bagian dari strategi global.

"Karena kita kan salah satu perusahaan dengan produksi global dari India ya. Jadi kita masukin ini dulu yang kita yakin pasti bisa diterima. Pertimbangannya memang global," jelasnya.

Sebagai informasi, Suzuki Burgman Street 125 EX dibekali mesin 125 cc, 1-silinder, SOHC, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 8,6 PS dan torsi 10 Nm.

Suzuki Burgman Street 125 EX disematkan fitur yang cukup canggih, di antaranya panel instrumen digital yang dilengkapi Engine Auto Stop-Start Indicator, Eco Drive Indicator, Engine Temperature, Battery Voltage Indicator, Digital Clock, Fuel Gauge, Oil Change Indicator, Dual Trip Meter, Fuel Consumption, dan Engine Check indikator.

Suzuki juga membekali fitur-fitur lainnya seperti soket pengisian daya ponsel, pengaman tambahan di area standar, pengereman One Push Central Locking System dan combi brake system (CBS), serta ruang bagasi yang mencapai 21,5 liter.

Di Indonesia, melihat kapasitas mesin, desain, dan harga jualnya, maka Suzuki Burgman Street 125 EX akan bersaing langsung dengan Yamaha Lexi 125.