Hari Ini, Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2024

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id– Tanggal 8 Maret selalu dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day. Hari tersebut menjadi perayaan pencapaian para perempuan dunia dalam berbagai aspek, termasuk di lingkungan sekitar, ekonomi, budaya, politik dan masih banyak lagi.

Google Doodle merayakan Hari Perempuan ini dengan membuat sebuah animasi dan menampilkannya dalam halaman pencarian hari ini, Jumat (8/3).

Dalam halaman pencarian Google hari ini, kalian bisa melihat animasi Google dengan simbol perempuan serta 3 sosok wanita yang sedang membaca buku dan diselimuti oleh ‘kain’ warna-warni dengan rangkaian gambar seperti matahari, timbangan (keadilan), dan lainnya.

 

 

“Doodle Hari Perempuan Internasional ini menyoroti sekelompok perempuan yang berbagi kebijaksanaan lintas generasi dalam selimut yang disulam dengan simbol kemajuan yang dicapai selama bertahun-tahun,” tulis Google dalam keterangannya.

Hari Perempuan Internasional ini pertama kali dicetuskan oleh PBB pada tahun 1975 sebagai perayaan dan peringatan untuk mencapai kesetaraan gender. Lalu, di tahun 1977, Majelis Umum PBB mengundang beberapa negara untuk meresmikan tanggal 8 Maret sebagai hari resmi PBB untuk hak perempuan dan perdamaian dunia.

Tanggal 8 Maret memperingati 2 demonstrasi yang mencetuskan Hari Perempuan, yaitu di Saint Petersburg dan New York. 

“Meski digelar di tahun dan tempat yang berbeda, aksi unjuk rasa ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencapai kesetaraan gender termasuk pekerjaan yang adil dan aman, hak untuk memilih dan hak untuk memiliki jabatan publik,” tulis Google.

Sementara itu, 49 tahun berlalu, di hari ini tepatnya 8 Maret 2024, Hari Perempuan Sedunia diperingati untuk menuntut penyelesaian isu-isu seperti kesenjangan upah gender dan ras, hak-hak reproduksi, dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan.

 

 

Kemajuan terus terjadi untuk kaum perempuan, walau begitu hingga saat ini hak tersebut terus diperjuangkan agar diimplementasikan di seluruh lapisan masyarakat dunia.

Perjuangan hak perempuan ini tentu tidak lepas dari tindakan para sosok perempuan di seluruh dunia yang terus memperjuangkan apa yang seharusnya para perempuan dapatkan sedari awal.

Dengan adanya animasi ini, Google memberikan apresiasi pada Perempuan yang sudah membuka jalan dan membawa semangat tersebut hingga lebih jauh lagi hingga saat ini.