Hati-hati! Hacker Tipu Pengguna Smartphone Pakai E-mail

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Usai melakukan penelitian terhadap setengah jutae-mailyang dikirimkan antara Januari dan Juni 2018, para peneliti di FireEye menemukan bahwa 1 dari 101e-mailmerupakane-mailyang berbahaya.

Dilansir dariDigitaltrends,Minggu (16/09/2018),e-mailtersebut biasanya memiliki tautan untuk mendorong pengguna mengunduhmalwareke komputer. Selain itu,e-mailyang dirancang parahackerini digunakan untuk menipu pengguna agar mau memberikan informasi pribadi mereka.

Para peneliti di FireEye juga menemukan fakta bahwa 10 persen dari seluruhe-mailyang dikirimkan per harinya merupakane-mailyang mengandung virus,worm, ransomware,trojan,spyware,sertaadware.Semuae-mailtersebut masuk dalam kategorimalware.

Baca Juga:Hati-hati! Sering Gunakan Smartphone Bisa Bikin Pikun

Sementara 90 persen sisanya, berusaha tipu penggunasmartphonedan lainnya menggunakan teknik sosial, sepertispear phishingdan berpura-pura sebagai seseorang yang dikenal. Jumlah penipuan menggunakane-mailterhitung naik 65 persen dari tahun lalu.

Perubahan strategi itu didorong oleh tingginya adopsi perangkat mobile. Sebab, kebanyakan orang memeriksae-mailviasmartphone, sehingga sulit bagihackeruntuk mengirimkan virus.

Baca Juga:Sinyal Wi-Fi Ternyata Bisa Deteksi Bom dan Senjata

Para peneliti juga menyebut bahwa lebih mudah bagi parahackeruntuk menipu korban.Hackermembuat korban berpikir sedang berkomunikasi dengan orang yang dikenal melalui skema penipuan bernama CEOfrauddanspear phishing.

Menggunakan teknik sosial,hackercukup meyakinkan calon korban bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan orang yang bisa dipercaya.Hackerjuga memperkuat “teknik penipuannya” dengan menampilkan nama lengkap orang terkenal pada e-mail yang dikirim. (BA/FHP)

ArtikelHati-hati! Hacker Tipu Pengguna Smartphone Pakai E-maildan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan diTelset.