Hati-hati, Makanan Favorit Banyak Orang Ini Bisa Bikin Pria Tumbuh Payudara

pada 7 tahun lalu - by

Apa yang Anda pikirkan ketika ada seorang pria yang payudaranya membesar layaknya perempuan? Apakah Anda berpikir bahwa ia sebenarnya perempuan namun terperangkap di tubuh laki-laki? Jawaban ini mungkin lebih tepat jika Anda sedang menonton drama. Ada jawaban medis yang lebih masuk akal mengapa ada pria yang memiliki payudara tumbuh seperti perempuan.

Kok bisa pria tumbuh payudara?

Jika Anda seorang pria dan punya hobi makan makanan cepat saji(fast food atau junk food),ada baiknya kurangi dan batasi hobi makan Anda yang tidak sehat ini. Pasalnya, makanan cepat saji ini bisa membuat payudara Anda membesar seperti perempuan.

Seorang pemuda di Tiongkok sampai harus menjalani operasi masektomi untuk mengangkat payudaranya yang tumbuh membesar. Pertumbuhan payudara yang dialami oleh pemuda ini disebabkan olehketidakseimbangan hormondalam tubuhnya. Sisi kanan tubuh pasien menyerupai seorang wanita, sedangkan sisi kirinya adalah pria. Kondisi ini disebut dengan ginekomastia.

Apa itu ginekomastia?Ginekomastiaadalahterjadinya peningkatan ukuran payudara pada pria yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron yang diproduksi oleh tubuh. Ginekomastia sendiri bisa terjadi pada satu atau dua payudara. Jika Anda mengira bahwa payudara pemuda ini membesar hanya karena lemak, Anda salah. Jaringan payudara pemuda ini benar-benar membesar seperti perempuan.

Ginekomastia sendiri dapat terjadi pada bayi yang baru lahir, padamasa pubertas, sampai pada lansia (orang lanjut usia) sekalipun. Ini adalah akibat perubahan kadar hormon. Sebetulnya, ginekomastia atau payudara tumbuh pada pria bisa sembuh sendiri. Namun, dalam kasus tertentu masektomi atauprosedur bedah untuk mengangkat salah satu atau kedua payudara adalah pilihan terbaik untuk mengurangi jaringan payudara.

 

Bagaimanajunk foodbisa menyebabkan payudara tumbuh?

Ginekomastia bisa dipicu oleh makanan tertentu yang dapat menurunkan kadar testosteron dan meningkatkan kadar estrogen serta menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara pada pria. Makanan yang bisa memicu penyakit ini adalahmakanan tinggi lemakdan tinggi karbohidrat. Makanan cepat saji ataujunk food biasanya masuk kategori ini. Misalnya saja kentang goreng atau ayam goreng tepung.

Nah, makanan cepat saji menyebabkan tubuh mengalami inflamasi atau peradangan dan meningkatkan kadar estrogen yang tidak normal pada pria. Estrogensendiri adalah sebutan untuk sekelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksinya. 

Menurut dokter yang menangani operasi masektomi pada kasus ini seperti yang dilansir diMedical Daily,payudara tumbuh akibat senyawa kimia yang ada di makanan cepat saji. Senyawa kimia inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Diagnosis dokter ini didapatkan setelah dilakukan pemeriksaan dan menyatakan bahwa tubuh pasien dalam kondisi sangat baik.

Mencegah payudara tumbuh pada pria

Ginekomastia dapat dicegah dengan cara sederhana yaitu, dengan memulai dan menjalani pola hidup sehat yang akan berpengaruh pada keseimbangan hormon Anda. Menghindari beberapa faktor risiko dapat membantu menghindari ginekomastia. Faktor risikonya antara lain menggunakan zat atau obat terlarang, minum alkohol di luat batas wajar, dan terlalu sering makan makanan cepat saji. 

The postHati-hati, Makanan Favorit Banyak Orang Ini Bisa Bikin Pria Tumbuh Payudaraappeared first onHello Sehat.