Honda Recall 2,7 Juta Mobil Tua karena Cacat Inflator Airbag

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id- Honda akan menarik sekitar 2,7 kendaraan tua yang ada di Amerika Utara karena masalah cacat pada inflator airbag (kantong udara).

Masalah airbag itu masih buatan Takata namun dengan tipe berbeda. Airbag buatan Takata bikin banyak pabrikan menarik unitnya dari konsumen di seluruh dunia, termasuk sekitar 4,2 juta unit mobil di Amerika Serikat dari 19 merek.

Honda mengumumkan pada Selasa (21/1/2020) untuk menarik kembali mobil dari konsumen, termasuk Acura buatan tahun 1996 hingga 2003. Honda telah menemukan adanya inflator pecah, satu Acura kecelakaan pada 2012 di Texas mengakibatkan cedera dan dua telah berada di tempat barang rongsokan di Jepang.

Baca juga: Tuas Transmisi di 'N' atau 'D' saat Mobil Berhenti? Bengkel Bilang Begini

Kampanye ini mencakup 2,4 juta kendaraan di AS dan 300.000 di Kanada, kata Honda dilansirautoblog.com.

Namun, Honda menambahkan pihaknya belum menentukan angka penarikan untuk negara lainnya.

Honda mengatakan, ketiga kendaraan itu "berpotensi terpapar tingkat kelembaban luar biasa tinggi sebelum akhirnya pecah".

Penarikan itu karena inflator airbag diproduksi non-azide propellant, yang berada di depan pengemudi. Menurut Honda, semua inspeksi dan perbaikan akan dimulai dalam kurun waktu sekitar satu tahun. Hal itu disebabkan karena suku cadang pengganti dari pemasok perusahaan alternatif belum tersedia.

Baca juga: Ini Perbedaan Suzuki XL7 pada Tipe Zeta, Alpha, Beta

Honda juga mengungkapkan penyesalannya karena ketidaknyamanan atau kesusahan yang disebabkan oleh situasi ini terhadap pelanggannya.

Acura merupakan divisi mobil mewah dari Honda. Pabrikan Acura pertama kali dirilis pada Maret 1986 di AS, Kanada, dan Hongkong. Kemudian, Acura juga merambah pasar Meksico pada 2004, dan China pada 2006.

Namun, Honda memperkenalkan Acura di pasar Jepang sekitar tahun 2010. Honda menjadikan merek Acura sebagai pabrikan otomotif Jepang pertama yang masuk ke pasar mobil mewah di luar negeri.

 

VIDEO Kia Seltos First Impression