Honda Tebar "Psywar" pada MPV Wuling dan Expander

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Berasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Honda Mobilio menduduki urutan kedua terlaris di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Total penjualan sepanjang tahun ini sudah mencapai 23.085 unit.

Rata-rata kendaraan multi guna bawah Honda itu terjual di atas 3.000 unit per bulan. Meski nanti datang pesaing baru, seperti Mitsubishi Expander, dan Wuling Confero S, diyakini Honda tidak akan mempengaruhi penjualan Mobilio.

"Secara kualitas dan brand, serta yang lainnya sudah jelas beda kelas," kata Direktur Pemasaran dan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/7/2017).

Faktor lain, konsumen Honda dengan Wuling juga punya karakter berbeda. Pembeli Honda selalu menginginkan kualitas, layanan purna jual, hingga kelengkapan, serta kenyamanan ketika berkendara.

Berita Terkait:

Belum lagi mengenai desain, ketersediaan suku cadang, bengkel, yang selalu menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia ketika membeli LMPV.

"Jadi menurut saya tidak akan berpengaruh sama sekali. Meskipun lebih murah, pasar, dan konsumen kita tidak sama," ucap Jonfis.

Begitu juga dengan small MPV Mitsubishi, Expander. Secara karakter pembeli, memiliki perbedaan. "Jadi Mobilio akan tetap dipilih oleh konsumen," ujar dia.