Ikke Nurjannah Ajari Mahasiwa Amerika Nyanyi Dangdut

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Pedangdut Ikke Nurjanah bersama Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) bertandang ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, Ikke diminta mengajar nyanyi dangdut para mahasiswa di salah satu universitas.

"Jadi menurut aku sosialisasi langsung itu seru. Aku berdialog dengan mereka yang tahunya dangdut itu dari mana, sejarahnya seperti apa, nyanyinya gimana. Menurut mereka kan hanya kita yang bisa menerangkan nyanyi dangdut itu seperti apa," kata Ikke saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Kamis 6 Oktober 2016.



Selama mengajar, Ikke mengaku mahasiwa di sana sangat tertarik belajar musik asal Indonesia ini. "Menurut mereka, dangdut itu unik. Mereka ingin tahu banget. Di antara musik etnik tapi dangdut musik populer. Spesifikasi kan musik Sunda, tapi kalau dangdut kan populer. Dia khas kan dangdut punya autentik sendiri," tambahnya.



Bagi Ikke, ini merupakan pengalaman baru. Bagi dia, tak mudah mengajar dangdut kepada orang asing.

"Senang sih mereka. Merekainterestwalaupun bercengkok saja itu kan butuh waktu. Orang luar kan belum belajar mengenai bahasa danspell-nya. PR kita gimana meramahkan dangdut, untuk mereka dengar dan pengucapannya terlatih," pungkas Ikke.