IKN Wajib Mobil Listrik: Mobil Bensin Dilarang Masuk?

pada dalam 1 jam - by

Uzone.id - Rencananya kendaraan yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN) hanya kendaraan listrik saja setelah diresmikan nanti. Bahkan dikabarkan jika kendaraan bermesin bensin yang menuju IKN akan diberhentikan di perbatasan.

Hal ini disampaikan oleh Kurator Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil. Dirinya menegaskan hanya kendaraan listrik saja yang boleh beroperasi di IKN nanti.

Pada awalnya,Ridwan Kamilberbicara mengenai IKN yang akan menjadi kota hijau dan menjunjung tinggi nilai-nilai keberlanjutan.

"Kami berjanji kepada dunia, IKN akan menjadi salah satu kota paling hijau dan mengutamakan keberlanjutan," ujar Ridwan Kamil di Sustainable Business Summit 2024 yang digelar di Singapura, Selasa (20/8).

"Saya disarankan Presiden sebagai kurator IKN yang berarti saya bertanggung jawab atas quality control dalam perencanaan desain infrastruktur. Kami akan menjadi kota dengan emisi nol," lanjut Kang Emil sapaan akrabnya.

Ridwan Kamil menegaskan, ketika IKN sudah selesai dan diresmikan, maka hanya kendaraan listrik yang diizinkan masuk. Sementara kendaraan yang memiliki kendaraan berbahan bakar fosil akan dihentikan di perbatasan.

 

 

"Jadi, Nusantara ketika sudah selesai dibangun, akan menjadi kota kendaraan listrik. Maka, kalau kamu mengemudikan mobil bensin (ke IKN), kami akan menghentikanmu di perbatasan kota dan menggantinya denganmobil listrik," jelasnya.

Sebelum upacara kemerdekaan, PresidenJokowijuga sudah menyebutkan bahwa nantinya IKN akan hanya diisi oleh kendaraan listrik. Orang nomor 1 di Indonesia saat ini tersebut mengatakan ingin kualitas udara di IKN lebih bersih dari saat ini.

"Ke depan akan menjadi tren penggunaan energi hijau. Di sini juga saat ini 100 persen sudah memakan energi hijau. Nanti, kalau ini sudah dimulai, semua kendaraan juga harus listrik," ujar Jokowi di IKN beberapa waktu lalu.

 

 

Jokowi pun sempat mengecek kualitas udara di IKN dan indeksnya berada di angka 6 atau masuk ke dalam kategori sehat. Padahal saat ini di IKN masih banyak kendaraan bensin yang beroperasi, Jokowi pun membayangkan indeks kualitas udara ketika sudah sepenuhnya kendaraan listrik.

"Kemarin pagi saya cek di IKN berapa air quality index-nya, hanya enam. Padahal kendaraannya belum (semua) listrik. Mungkin kalau kendaraannya listrik bisa nol," ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi sempat beberapa kali mengunjungi IKN belum lama ini. Seperti mengecek jalan tol dengan menggunakan motor custom Kawasaki W175 buatan Katros Garage dan menghadiri Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.