Impresi “Suspensi Keras” Mitsubishi XFORCE Setelah Kami Coba Sendiri

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id-Banyak yang mengeluhkan kalau bantingan suspensi MitsubishiXFORCEterlalu keras. Padahal, Mitsubishi mengklaim sudah melakukan penyesuaian agar cocok di kondisi jalan rata-rata di Indonesia.

Anggapan suspensi MitsubishiXFORCEkeras juga sempat kami rasakan pada saat pertama kali mencobanya di lingkungan terbatas. Tapi kurang optimal pastinya kalau tidak mencobanya langsung di kondisi real untuk penggunaan harian.

 

 

Karakter suspensi sebuah mobil secara umum digolongkan menjadi dua yakni, rigid guna menjaga kestabilan handling, dan lembut agar pengendara merasa nyaman di dalam kabin.

Biasanya untuk mobil-mobil kencang dan mobil berjenis SUV memang dibikin suspensi dengan karakter lebih rigid karena pengemudi membutuhkan akurasi dalam bermanuver.

Namun, efeknya satu sisi kenyamanannya akan sedikit terganggu. Suspensi menjadi terkesan lebih keras saat melewati jalan tidak rata.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI menjelaskan, sebenarnya karakteristik suspensi padaXFORCEtelah disesuaikan, bahkan dalam pengembangannya dirancang lebih baik dari kompetitornya.

"Sebelum melakukan pengembangan, ada beberapa kompetitor yang kami tes suspensinya dan sejujurnya rasanya tidak nyaman. Jadi memang suspensi di XFORCE sudah kami improve," kata Mii beberapa waktu lalu.

Dalam proses pengembangan sektor kaki-kaki, Mii mengatakan, memang titik beratnya soal bagaimana membuatsuspensiyang nyaman, tapi tetap memiliki karakter SUV dengan handling yang baik.

“Tantangannya bagaimana bisa membuat suspensi nyaman tapi karena ini kompak SUV, jadi harus punya respons dan handling yang baik," ucap Mii.

"Dimensi silinder absorber XFORCE terbesar di kelasnya. Sedikit mirip dengan pengembangan pada Xpander Cross beberapa waktu lalu, tapi karena dimensi dan bobot XFORCE ini berbeda, jadi penyesuaiannya juga berbeda," tambahnya lagi.

Ketika kami mencobanya untuk harian, bagian paling menarik dariXFORCEya tentu saja handlingnya. Mobil ini terasa kompak, gesit dan lincah, dengan setingan suspensi yang juara khas Mitsubishi.

Setelah dicoba menghadapi berbagai medan jalan, barulah faedah dari setingan suspensi XFORCE benar-benar terasa seperti suspensi mahal.

Kelemahannya memang pada saat menghadapi polisi tidur atau permukaan jalan keriting, suspensi akan terasa sekali kerasnya dan akrab dengan bunyi ‘jedug’. Bisa jadi ini karena setingan travel suspensi yang pendek.

 

 

Dengan travel pendek, meskipun mobil berjenisSUVyang punyaground clearencetinggi, pergerakan mobil jadi lebih terkendali dan tidak liar. Selain itu, ayunan pun jadi lebih nyaman dan tidak mantul-mantul.

Namun ajaibnya, ketika melibas jalan bergelombang atau sedikit rusak, redaman suspensinya benar-benar nyaman dan minim guncangan. Bahkan, saat bermanuver jadi membuat mobil ini sangat-sangatfun to drive.

Tidak ada guncangan berlebihan saat melibas permukaan jalan Tol Layang MBZ misalnya, atau lubang-lubang kecil di sekitaran permukaan jalan tol dalam kota, semuanya sukses diredam dengan baik oleh suspensinya.