Indibiz dan Moka Pos Dorong Digitalisasi UMKM se-Jabodetabek

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id -Indibizdan Moka Pos bentuk kerja sama untuk membantu akselerasi digital bisnis UMKM di Indonesia, khususnya wilayah Jabodetabek. Tujuannya, agar bisnis UMKM memiliki daya saing yang lebih tinggi di era digital seperti sekarang. 

Indibiz sendiri merupakan penyedia ekosistem solusi bisnis digital dari Telkom Indonesia. Sedangkan Moka Pos, adalah sistem kasir digital besutan GoTo Financial. 

“Kerja sama ini akan kami jalankan secara bertahap hingga seluruh wilayah Indonesia. Untuk saat ini, baru bisa dinikmati oleh UKM di wilayah Jabodetabek,” terang VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno, dalam keterangan resminya. 

 

 

Lebih lanjut Tanto mengatakan, kolaborasi kedua perusahaan akan diperluas jangkauannya ke Jawa-Bali dan nasional. Ia berharap, kerja sama Indibiz dan Moka Pos akan membantu akselerasi digital bisnisUMKMdi berbagai daerah di Indonesia. 

Sebagai informasi, kerjasama Indibiz dengan Moka Pos ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor bisnis UKM. Mulai dari F&B, pertokoan, perhotelan, hingga layanan kesehatan. Fitur yang dihadirkan juga mendatangkan keuntungan bagi para pelaku usaha. 

Mulai dari proses manajemen pesanan yang lebih mudah, mengelola laporan penjualan harian, stok barang & perhitungan pajak, membantu operasional bisnis dengan menggunakan dashboard, manajemen cabang, CRM, dan survey pelanggan, serta mampu mengatur promo berupa diskon, bundle, dan loyalty program dalam satu platform.

Tanto menjelaskan, dengan sistem kasir dari Moka Pos, pemilik usaha akan memiliki sistempoint of saleyang terintegrasi. Sebab, sistem tersebut sudah terhubung secara cloud yang membuat semua proses transaksi dan bisnis terekam secara akurat danreal-time

 

 

Reni Yustiani, OVP Enterprise Regional Management Telkom menambahkan, kerja sama ini disambut sangat baik oleh pelaku UKM di daerah, khususnya di wilayah Jabodetabek. 

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini. Harapan kami, pemilik bisnis di berbagai sektor di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengakselerasi digital bisnis mereka,” lanjut Reni.

“Sudah ada ratusan UMKM di Jabodetabek yang berlangganan denganspecial benefitdari Indibiz dan Moka,” pungkasnya.