Indosat Gaet Microsoft, Maksimalkan Copilot AI Jadi ‘Asisten’ Karyawan

pada 3 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Indosat Ooredoo Hutchison bersama dengan Microsoft resmi melanjutkan kerjasama mereka untuk memaksimalkan penggunaan AI di seluruh operasional perusahaan.

Kerjasama ini menjadi bagian dari komitmen Indosat untuk bertransformasi dari perusahaan Telco menjadi AI Native TechCo menggunakan inovasi-inovasi dari Microsoft.

Indosat akan memaksimalkan teknologi Copilot for Microsoft 365 yaitu asisten kecerdasan buatan terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.

Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengungkapkan bahwa Copilot for Microsoft 365 akan menjadi mitra yang luar biasa untuk menyederhanakan tugas-tugas perusahaan.

 

 

“Sebagai tim yang terlibat dalam teknologi informasi dan operasi digital, kami seringkali terjebak dalam aspek teknis dan menyisakan sedikit waktu yang tersedia untuk tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten. Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra yang luar biasa bagi kami. Seolah memiliki asisten cerdas yang memahami kebutuhan kami, alat ini menyederhanakan tugas-tugas kami,” ujarnya.

Tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas para karyawan, Sanjeev mengatakan bahwa Copilot for Microsoft 365 juga akan digunakan untuk inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan.

“Di Indosat, kami tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi kami; kami turut membudayakan inovasi. Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan, memastikan bahwa teknologi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Indosat memanfaatkan Copilot for Microsoft 360 untuk menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi. 

 

 

“Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan. Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital,” tambahnya.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia menyambut baik kerjasama ini serta mendukung Indosat untuk menjadi perusahaan Telco menjadi TechCo.

Menurutnya, integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan namun juga menciptakan dampak luar biasa ke luar Indosat.

“Melalui peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini adalah bukti kekuatan teknologi untuk mendorong dampak sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini,” katanya.

Strategi Indosat dalam menggunakan AI dalam aktivitas perusahaan ini sesuai dengan laporan Microsoft’s Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. 

Studi ini mencatat bahwa 92 persen profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92 persen pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing. Hal ini menjadi bukti pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan tenaga kerja.