Indosat Ooredoo Resmikan Pusat Operasi Berbasis AI Terbesar di ASEAN

pada 25 hari lalu - by

Uzone.id— Indosat Ooredoo Hutchison meresmikanDigital Intelligence Operation Center(DIOC) sebagai pusat operasi jaringan Indosat dengan dukungan teknologi AI di dalamnya. DIOC ini disebut-sebut menjadi pusat operasi berbasis AI terbesar di Asia Tenggara saat ini.

“Jadi ini adalah yang pertama dan terbesar diSoutheast Asia,merupakan DIOC yang terbesar di Asia Tenggara saat ini,” kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison.

Digital Intelligence Operation Center ini diresmikan pada Selasa, (06/08) dan akan berfungsi untuk menyediakanreal-time insightsdan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan fungsiNetwork Operations Center (NOC)danService Operations Center (SOC). 

Kehadiran pusat operasi dengan basis AI ini merupakan komitmen Indosat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan sekaligus menandakan IOH sebagai perusahaan pioneer AI.

Digital Intelligence Operation Centermenandai babak baru dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis AI,” kata Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Selasa, (06/08).

 

 

Menggandeng Huawei sebagai partner untuk menghadirkan teknologi canggih di DIOC ini, Indosat mengintegrasikan teknologi canggih berbasis AI dengan talenta digital yang mereka miliki. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta digital yang berdampak baik masa depan digital Indonesia. 

“Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital,” tambah Vikram.

Bagi Huawei, kerja sama ini menandai era baru kerja sama dalam mengembangkan pusat inovasi dan menyambut manajemen jaringan cerdas.

“Kolaborasi ini didasarkan pada kemitraan strategis jangka panjang kami dengan Indosat, yang menjadi bukti komitmen bersama untuk terus memberikan pengalaman jaringan yang luar biasa,” kata Simon Lin, President of Huawei Asia-Pacific Region.

Pusat operasi ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunyaReal-time Network Insightsdengan tugas mengoptimalkan kinerja jaringan. Dengan insight jaringan secara real-time, Indosat bisa mengalihkan penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif menggunakan data waktu nyata.

Ada jugaEnd-to-End Service Management, termasuk untuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan. 

 

 

DIOC juga bertugas untuk mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir untuk keperluanData-Driven Innovation, yaitu mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan.

Di dalam ruangan DIOC ini, terdapat berbagai fasilitas yang ada termasuk layar untuk memantau data-data secara realtime serta kehadiran robot interaktif untuk memberikan informasi terkait DIOC dan perusahaan.

Ke depannya, Huawei bersama dengan Indosat akan terus melakukan pengembangan DIOC untuk menghadirkan data dan jaringan yang semakin mumpuni, termasuk fokus pada infrastruktur jaringan, operasi jaringan, dan pengembangan talenta. 

“Dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas dan adopsi teknologi generasi berikutnya, Indosat bertujuan untuk menghubungkan individu, bisnis, dan segala sesuatu di antaranya, membuka potensi digital di seluruh Indonesia,” tutup Vikram.