Informasi Mudik, Dulu Pakai Brosur kini Sudah Digital

pada 6 tahun lalu - by

Uzone.id- Masyarakat, khususnya pemudik, mulai meninggalkan materi cetak, seperti brosur atau peta perjalanan, untuk mendapatkan informasi seputar mudik.

Sebagai gantinya, para pemudik ini lebih suka mencari informasi tersebut melalui layanan digital.

Melihat perubahan itu, XL Axiata menjalin kerjasama dengan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan dan lainnya untuk memberikan informasi via digital.

Salah satunya adalah informasi seputar mudik yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

 

Baca:Paket myPRIO dari XL Axiata Tawaran Kuota Nonstop


“Kami akan membantu pemerintah dalam hal ini apalagi semakin meluas penggunaan sarana digital untuk mengakses informasi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yoestya.



Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, bahwa proses digitalisasi informasi seputar mudik Lebaran 2018 ini merupakan inovasi bagi Pemerintah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung.

“Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik, di mana cakupan informasi bisa lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja,” katanya.

Informasi seputar mudik yang tersebut antara lain meliputi informasi mengenai call center dan nomor telp darurat yang bisa dihubungi pemudik terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, serta Posko Kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub.

Baca: 4G LTE XL Hampir 100% Selimuti Jalur Mudik

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik tersebut melalui sejumlah layanan digital yang tersedia antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Informasi mudik juga bisa pelanggan akses melalui website www.sisternet.co.id yang menjadi saluran komunitas perempuan binaan program Sisternet XL Axiata.