Ingin Sukses Berkarier? Perbaiki Pola Tidur

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Tidur yang cukup dan teratur merupakan kunci sukses seseorang dalam menapaki karier. Hal ini diungkapkan melalui sebuah penelitian yang dilakukanBrigham and Women's Hospitaldi Amerika.

Peneliti mengatakan, individu yang menjalani pola tidur yang teratur cenderung memiliki manajemen waktu yang lebih baik sehingga mempengaruhi keberhasilannya di dunia kerja.

Sebaliknya, individu yang kurang tidur dan kerap begadang cenderung mengalami penurunan produktivitas yang membuat karirnya tak cemerlang.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis ritme sirkadian 61 mahasiswa Harvard College selama 30 hari. Mereka juga dinilia kinerja akademis selama perkuliahan.

Tim peneliti menemukan, siswa dengan pola tidur paling tidak teratur memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah dibandingkan mahasiswa yang tidur cukup dan teratur. Dr Andrew JK Phillips, penulis studi mengatakan tidur cukup memainkan peran penting dalam fungsi kognitif otak.

"Itu sebabnya mereka yang kurang tidur bahkan tidak teratur waktunya mengalami kesulitan dalam konsentrasi dan memecahkan masalah karena fungsi otak lainnya terpengaruh," ujar dia seperti dilansir dari Zeenews.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang mengalami gangguan tidur, antara lain stres, pekerjaan yang menumpuk, hingga paparan sinar gawai baik dari ponsel maupun televisi yang menghambat produksi hormon melatonin yang berperan menimbulkan rasa kantuk.

"Penelitian ini menjadi penting karena masih banyak orang yang tidak peduli dengan jam tidur mereka," pungkas Philips.

 

Berita Terkait: