Ini Antisipasi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Natal dan Tahun Baru 2022

pada 3 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Menyambut momen Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (NARU), Telkomsel konsisten memperkuat perannya sebagai perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia  dengan mengajak seluruh masyarakat  untuk ‘Terus Nyalakan Semangat’ dalam membangkitkan optimisme bangsa di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Penguatan peran tersebut dilakukan melalui sejumlah aktivitas dan program perusahaan yang fokus kepada upaya  pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan, program loyalitas pelanggan, ragam pilihan platform dan layanan digital terdepan, serta berbagi untuk sesama melalui programcorporate social responsibility(CSR) perusahaan.

“Telkomsel sebagai society enabler senantiasa konsisten untuk #BukaSemuaPeluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital yang maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas,” ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho, di Jakarta.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen NARU kali ini, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ilustrasi (Foto: Telkomsel)

 

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya).

Sepanjang momen NARU kali ini, dibandingkan hari biasa, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38 persen dan malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08 persen, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

Baca juga:Telkomsel Rilis Aplikasi Fita

Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 23,42 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen, layanan streaming video meningkat sekira 27.44 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17persen, akses browsing naik 27,92persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29 persen.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25 persen, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5 persen.

Baca juga: 2 Aplikasi Besutan Telkomsel Raih Google Play Award

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas hingga cakupan jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan perbatasan negara/

Ini melengkapi lebih dari 247.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95persen wilayah populasi di seluruh pelosok negeri.

Telkomsel secara bertahap dan terukur juga terus mengembangkan jaringan 5G, yang kini telah dapat dinikmati di sejumlah titik tertentu di wilayah DKI Jakarta (Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Menteng, dan kawasan Monas)  Banten (BSD dan Alam Sutera), Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

Nugroho lebih lanjut menjelaskan, guna memastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih sambil mengakses jaringan broadband, baik itu browsing, gaming, chatting maupun video streaming secara bersamaan, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kini telah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia.

Telkomsel terus memperluas kolaborasi bersama mitra gawai untuk mendukung layanan teknologi VoLTE Telkomsel dan kini telah dapat dinikmati di lebih dari 100 tipe smartphone.

Selain itu, Telkomsel telah menjalankan uji jaringan (drive test) dengan total jarak tempuh mencapai 13.503 km, yang juga mencakup 31 ruas tol, termasuk beberapa yang baru beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, yang memberikan hasil “BAIK” dan siap menyambut momen NARU untuk kenyamanan pelanggan.

Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan yang customer-centric bagi pelanggan dengan berupaya memperkuat sinergi dan koordinasi bersama para mitra strategis, yakni mitra distributor atau Telkomsel Authorized Partner, mitra modern channel, mitra outlet/reseller Siaga, Sales Agent, mitra e-commerce, serta mitra perbankan untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel melalui berbagai saluran layanan.

Seluruh layanan walk-in GraPARI juga tetap beroperasi normal dengan penerapan protokol kesehatan serta penyesuaian jam operasional dengan status Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) di tiap wilayah.

“kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan tersebut dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan aktivitas digital pelanggan yang didukung channel layanan pelanggan berbasis digital. Kami berharap komitmen Telkomsel untuk selalu memberikan terbaik melalui penyediaan produk dan layanan yang customer-centric, dapat menemani keseruan pengalaman pelanggan di momen yang penuh semangat berbagi dan kebangkitan serta harapan yang baru,” ujar Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit

Guna memastikan pelanggan tetap nyaman dalam menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan.

Pelayanan digital tersebut dapat diakses melalui saluran komunikasi di akun media sosial Twitter @Telkomsel, layanan email customer care, layanan asisten virtual seperti melalui di aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com, instant messaging, serta layanan call center yang beroperasi 24 jam.

Aplikasi MyTelkomsel sendiri kini telah dilengkapi sejumlah tambahan fitur unggulan, di antaranya kemudahan bagi pelanggan dalam pembelian pulsa ataupun paket layanan telekomunikasi lainnya menggunakan ragam opsi pembayaran elektronik seperti LinkAja, GoPay, OVO, Dana dan Kredivo.

Sigit menambahkan, keseruan pelanggan selama momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan semakin bertambah dengan hadirnya berbagai program serta promo spesial melalui layanan hiburan digital seperti MAXstream untuk platform marketplace konten video on-demand (VoD) terdepan serta mengoptimalkan platform Dunia Games dengan berbagai penawaran paket gaming yang menarik dengan harga terjangkau.

Melalui Telkomsel POIN, program loyalitas pelanggan juga dihadirkan dengan mengusung program unggulan Pesta POIN Akhir Tahun bertajuk Poin Festival dengan beberapa program antara lain Lucky Draw di MyTelkomsel (berhadiah utama mobil Mercedes, Honda City Hatchback, iPhone 13 serta ribuan hadiah lainnya.