Ini Aplikasi Favorit Warga Indonesia, Bukan TikTok dan Instagram

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Bicara soal aplikasi populer, mayoritas akan sepakat kalau saat ini TikTok jadi aplikasi paling populer di Indonesia. Dari anak-anak hingga orang dewasamostlymemiliki aplikasi TikTok.

Tapi, tahukah kalian kalau survei terbaru dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menunjukkan kalau TikTok kalah dari aplikasi yang satu ini di Indonesia.

 

 

Dalam laporan terbaru Survei APJII 2023, YouTube menjadi aplikasi yang paling sering digunakan dengan persentase penggunaan mencapai 65,41 persen. Sementara itu, di posisi kedua ada Facebook dengan 60,24 persen, Instagram dengan persentase 30,51 persen dan yang keempat baru TikTok dengan penggunaan 26,80 persen.

Survei ini menunjukkan kalau YouTube lebih banyak digunakan sehari-hari oleh pengguna media sosial di Indonesia dibandingkan yang lainnya. 

Selain YouTube, WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi yang mendominasi di Indonesia dengan penggunaan mencapai 96,63 persen, disusul oleh Facebook Messenger (46 persen) dan Telegram sebesar 12,91 persen.

Sementara itu, dalam survei yang sama, sebanyak 46,16 persen warga Indonesia menghabiskan 1 sampai 2 jam untuk bermain media sosial dalam satu hari. Sebanyak 25,14 persen lainnya menghabiskan 2 sampai 3 jam, 8,46 persen menghabiskan 3 sampai 4 jam, dan sebanyak 7,84 persen menghabiskan lebih dari 4 jam sehari untuk media sosial.

Walau begitu, masih ada orang yang jarang menggunakan media sosial, dimana sebanyak 12,41 persen mengaku hanya menggunakan media sosial kurang dari 1 jam per harinya.