Ini Besaran Uang yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Belanja Ramadan, Check!
Uzone.id- iPrice hadir di Asia Tenggara untuk memudahkan orang berbelanja lewat e-commerce. iPrice memiliki platform menyatukan semua e-commerce dalam satu situs web, sehingga konsumen tidak perlu ribet membuka banyak lamane-commerceberbeda.
Kali ini, iPrice membeberkan hasil riset beberapa produk kategori yang biasanya jadi trending atausearch interest-nya meningkat menjelang Ramadan dan di saat Ramadan.
"Untuk kategori yang pertama adafashion, kedua ada elektronik, ketiga adahouse hold product. House hold product ini bisa kita bilang adaglossary semua kebutuhan rumah tangga, misalnya lemari, rak tanaman hias. Di Indonesia itu kemarin kita sempat bikin riset sejak Desember 2020 orang Indonesia sudah mulai getol nih yang namanya tanaman hias atau indoor plan," tutur Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group, saat berbicara di acara "Ramadhan 2021: Blibli Termini untuk Penuhi Permintaan Pelanggan Jelang Lebaran," melalui virtual pada Rabu (7/4/2021).
BACA JUGA:Apa Itu Cellebrite? Aplikasi Intelijen Buatan Israel Dipakai Mabes Polri
Kemudian, kata Dea, untuk produk keempat ada produk kosmetik dan skin care. Saat Ramadan orang Indonesia ingin terlihat menarik, penampilan baru, kosmetik dan skin care pun biasanya kategori produk yang digemari konsumen indonesia
Kelima, ada kue lebaran yang memang tiap jelang Ramadan atau di saat Ramadan jadi trending. "Jadi di-highlight ada lima kategori produk yang paling banyak dicari pada saat ramadhan dan menjelang ramadhan," kata dia.
Waktu Belanja
Untuk waktu belanja atautraffic online,iPrice membuat riset pada tahun 2018 dan hasilnya pada saat jam 5 pagitraffic onlinemeningkat hingga 345 persen.
Hal itu karena di bulan Ramadan habit orang Indoneia berganti, biasanya makan siang atau sarapan beralih ke buka puasa saat Magrib dan sahur sebelum azan Subuh.
"Jadi, Indonesia itu mostly karena mayoritas Muslim banyak yang berpuasa, mereka bangun sekitar jam 3-5 (pagi). mungkin nanti e-commerce, pelaku UMKM, yang mau nyebar promo ataupush up notificationmungkin bisa dijadiin salah satu patokan jam 4.30 - 05.00 (pagi) kalau bisa kita sudahreadydengan promo-promo yangclickable. Karena jam segitutraffic online-nya tuh meningkat," beber Dea.
Uang yang Dihabiskan saat Ramadan
Berapa banyak orang indonesia itu menghabiskan berapa banyak untuk berbelanja kebutuhan ramadan atau kebutuhan barang mereka?
iPrise membuat riset tahun 2020 hasil kerjasama dengan Jakpat. Hasilnya, 46 persen responden yang diwawancara atau disurvei mengaku menghabiskan Rp500 ribu sampai Rp2 juta.
"Dari siniinsightyang bisa kita ambil adalah Rp500 ribu - Rp2 juta ini bukan untuk satu barang, ini akumulasi semua yang mereka beli untuk kebutuhan ramadan sama lebarannya," katanya.
Melihat data tersebut, maka pelaku UMKM yang ingin menjual produk bisa menyesuaikannya. Jadi, kalau ingin jual produk lebih dari Rp2 juta maka segmentasi konsumen akan berbeda
Kemudian, ada 43 persen responden menjawab cuma menghabiskan Rp500 ribu selama bulan Ramadan. Ada 9 persen orang menjawab menghabiskan Rp2 juta -Rp5 juta. Terakhir, orang menjawab menghabiskan di atas Rp5 juta sebanyak 2 persen.
"Mungkin bisa di-take notekalau Rp500 ribu - Rp2 juta itueverage spending-nya orang indonesia belanjaonlineuntuk kebutuhan Ramadan," tutur dia.
VIDEO Yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Hilang, Gampang!