Ini Dia 15 Sekolah yang Lolos Samsung Solve For Tomorrow 2023

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id -Samsung Electronics Indonesia akhirnya memilih 15 finalis terbaik untuk program Samsung Solve for Tomorrow (SSFT).

SSFT merupakan kompetisi untuk wadah anak muda menuangkan ide mereka menjadi solusi untuk masalah yang ada disekitar mereka yang mana tahun ini dengan fokus tema di bidang pendidikan dan keberlanjutan lingkungan.

Ide solusi mereka akan dikompetisikan sekaligus juga dibimbing untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah projek yang bermanfaat untuk dijalankan.

Sejak dibuka pendaftaran pada 4 Mei hingga 17 Juni 2023 lalu, terdapat 309 proposal yang dikirimkan oleh anak muda ini dengan jumlah anggota tim antara 2 hingga 4 siswa.

Setelah melewati proses seleksi oleh panitia SSFT, terpilih 40 proposal yang lolos seleksi melanjutkan ke babak semifinal,yang terdiri dari 13 tim dari Madrasah Aliyah, 18 tim dari SMA dan 9 tim dari SMK dengan total 136 siswa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para semifinalis dapat mengikutipelatihan Design Thinking dan sesi mentoring yang langsung dilakukan oleh mentor-mentor dari Samsung Indonesia dan partner Prestasi Junior Indonesia, agar mereka dapat mempertajam proposal ide  menjadi produk akhir yang memberikan perubahan positif yang lebih berarti bagi komunitas dalam bentuk prototype project.

Design Thinking adalah proses pemecahan masalah secara kreatif yang berfokus pada manusia, berlandaskan pada lima step.

Step pertama adalah empathize yaitu mengidentifikasi pengalaman di komunitas untuk menemukan kebutuhan eksplisit dan implisit mereka sehingga dapat tercipta desain yang tepat, melalui riset, wawancara, dan observasi.

Step kedua adalah Define, meninjau temuan dari step pertama, menemukan pola, menemukan sebuah sudut pandang, menyusun insight, untuk menentukan secara spesifik apa yang dibutuhkan oleh komunitas.

Step ketiga adalah Ideate di mana peserta diminta menggali sebanyak mungkin ide-ide kreatif yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang ditemukan.

Lalu mereka akan melakukan brainstorming untuk mengevaluasi berbagai ide yang muncul dan menemukan mana yang paling tepat dan relevan.

Kemudian, step keempat adalah Prototype, di mana para peserta melakukan pemetaan terhadap user journey lalu membuat paper prototype, selanjutnya digital prototype, dan akhirnya membuat prototype fisik.

Berikutnya adalah Test, di mana peserta akan membagikan prototype tersebut kepada komunitas dan melakukan iterasi terhadap prototype sehingga ide solusinya bisa diadaptasikan dengan cepat.

Terakhir, para peserta akan sharing ide solusi dan prototype mereka dengan storytelling dan membuat sebuah pitch video.

Pada tanggal 21 Agustus 2023, SSFT telah mengumumkan 15 finalis yang lolos ke babak final telah yang juga telah diumumkan di websitehttps://www.solvefortomorrowindonesia.com, diantaranya

  1. ADA SMA Cikal
  2. BRAVE SMA Negeri 16 Surabaya
  3. CARBONIQ SMA Muhammadiyah 1 Gresik
  4. Dasher Madrasah TechnoNatura Depok
  5. FLEWS SMK NEGERI 1 Balikpapan Kalimantan Timur
  6. Joyful Jesters Team SMAN 1 Krian
  7. NextG SMKN Mandiri 26 Jakarta
  8. Ocyan's Team MAN 1 Malang
  9. Qalam Malaq SMAN 78 Jakarta
  10. RGB SMAN 8 Jakarta
  11. SciTech Innovators Madrasah Technonatura
  12. STARDUST SMA Ignatius Global School
  13. Trash and Treasure SMAN 16 Surabaya
  14. WAPETSU SMAN Sumatera Selatan
  15. Zerox SMA Negeri 1 Krian

15 peserta yang lolos ke babak final ini dipilih berdasarkan penilaian terhadapConcept Paperdan Video Pitch yang telah mereka buat. Kategori penilaiannya adalah Relevansi, Kelayakan, Kreativitas, Aspek STEM dan jugaPitching Video.

Ide yang diajukan (app, produk, jasa) relevan dengan isu/permasalahan di masyarakat dan dijabarkan secara detail, spesifik, dan jelas, diimplementasikan sesuai perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat, dan peraturan yang berlaku, selain unik, juga berpotensi memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, turut bangga melihat ide-ide dari para finalis, “Kami ucapkan selamat kepada 15 finalis terpilih, semoga apa yang dilakukan para finalis ini nantinya dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pendidikan dan lingkungan yang mendesak untuk Indonesia yang lebih baik.”

Video 15 inovasi dari  finalist ini dapat ditonton playlist youtube berikut:https://www.youtube.com/playlist?list=PLKSh6JESnErsGKnokJxRTeZLhPufhL6hM

Para finalis mulai mempromosikan video pitch mereka untuk mendapatkan online voting sebanyak-banyaknya. Penonton bisa memberikan dukungan untuk pemenang kategori People's Choice Award dengan memberikan vote pada link berikut: https://bit.ly/SSFT-VOTE

Selanjutnya para finalist ini mempersiapkan diri menghadapi proses penjurian yang akan dilakukan secara live online menentukan pemenang pada bulan September. Para pemenang SSFT ini nantinya  akan mendapatkan hadiah produk-produk dari Samsung, senilai total Rp 290 juta.