Ini Kebiasaan Belanja Wanita & Hubungannya Dengan Gaji
Yes,hari gajian akhirnya tiba! As millennials, we do love spending our money. Terutama ketika baru gajian; mulai dari membeli kopi di kafe favorit, membeligadgetkeluaran terbaru, sampai membeli tiket untuk travelingke negara impian. Namun tak cuma sekadar “boros dan gemar menghamburkan uang sembarangan” seperti anggapan banyak orang, generasi milenial juga peduli soal “keadaan” dompetnya.Yes, we do care about HOW we spend it, too.
Berdasarkan survei terbuka yangCosmolakukan terhadap 260 pekerja wanita milenial Indonesia (antara 19 - 35 tahun) beberapa waktu lalu, generasi ini ternyata mau membayar sejumlah uang demi asuransi kesehatan setiap bulannya (yes, kami juga peduli soal hal itu).And yes, generasi Y juga tahu kapan harus “menyimpan dalam-dalam” kartu kredit mereka di dasar tas ketika sudah mencapai batas. Dengan kata lain, generasi milenial tak seburuk anggapan yang beredar,kok. Ingin tahu lebih lengkap hasil surveiCosmomengenai bagaimana kebiasaan belanja pekerja wanita milenial Indonesia dan hubungannya dengan gaji mereka?Here it is.
Money Phoney
56%menghabiskan kurang dari Rp200.000,- setiap bulannya untuk kebutuhansmartphonemereka. Termasuk di antaranya adalah biaya untuk kuota internet, pulsa telepon, serta biaya langganan Spotify.
Health Insurance
67%sudah memiliki asuransi kesehatan pribadi, dan14%di antaranya menghabiskan lebih dari Rp1.000.000,- setiap bulannya untuk membayar asuransi tersebut.
Good Times
70%menghabiskan30%dari total pendapatan mereka untuk makan di restoran atau nongkrong bersama sahabat di kafe favorit. Semisal gaji mereka adalah Rp10.000.000,-, maka sekitar Rp3.000.000,- di antaranya habis untuk nongkrong di kafe.
What Other Woman Earn
36% berpenghasilan (gaji bersih) di bawah Rp5.000.000,-
45%berpenghasilan antara Rp5.000.000,- sampai Rp10.000.000,- (mayoritas berada dirangeini)
12% berpenghasilan antara Rp10.000.000,- sampai Rp15.000.000,-
7%berpenghasilan di atas Rp15.000.000,-
Spendy McGee
Mayoritas pengeluaran tiap bulannya adalah untuk:
- Food, glorious food
- The cost of living(biaya listrik, air, internet, laundry, transportasi, kos, dll)
- Flawless skin care & cosmetics
- Saving for something big
- Socializing (wine, beer, coffee)
- Pamper myself (yes, that’s important!)
Stay Fit
85%tidak memilikigym membership. Namun 7% di antaranya tetap menghabiskan lebih dari Rp500.000,- setiap bulannya untuk biaya berolahraga.
Getting Around
Mayoritas menghabiskan kurang dari Rp.1.000.000,- setiap bulannya untuk biaya transportasi (atau bensin) dan tol.
Make It Rain
20%menghabiskan Rp1.000.000,- sampai Rp2.000.000,- untuk bersosialisasi bersama teman. Sedangkan sisanya mengaku menghabiskan kurang dari Rp1.000.000,- setiap bulannya. Benar,nih?
Credit Cards
49%pekerja wanita milenial (ternyata) belum memiliki kartu kredit. Ini berarti satu dari dua wanita Indonesia masih belum bergantung pada si kartu serba-bisa.
Swipe Right
50%pemilik kartu kredit hanya memiliki 1 kartu.
22%sisanya memiliki tiga atau lebih kartu kredit.Ups,hati-hati, ya!
On Debt
Oops,30%pemilik kartu kredit ternyata tidak membayar lunas tagihan mereka tiap bulannya.50%di antaranya bahkan hanya membayar biaya minimum saja.Be careful, dear.
Top Spender
1 dari2wanita milenial Indonesia menghabiskan Rp1.000.000,- sampai Rp2.000.000,- setiap bulannya lewat kartu kredit mereka.Hey, that’s not too much!
(Alvin Yoga / FT / Image: Dok)